Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Board Game Sebagai Media Belajar Kepada Guru-Guru Se-Karisidenan Semarang
BLOG EVENT Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Board Game Sebagai Media Belajar Kepada Guru-Guru Se-Karisidenan Semarang

Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Board Game Sebagai Media Belajar Kepada Guru-Guru Se-Karisidenan Semarang

Hari Kamis tanggal 14 Februari 2019, Tim Playday Indonesia dan Educa Studio melakukan workshop yang dihadari oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika MA Se-Karesidenan Semarang, namun ada juga peserta yang ikut bergabung yaitu guru-guru yang berasal dari Klaten. Acara yang dilaksanakan di Aula MAN 1 Salatiga ini berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari para peserta workshop. Foto : Antusiasme guru-guru terhadap board game Marbel FirefighterWorkshop tersebut berisi pemaparan materi berupa potensi game untuk belajar mengajar, pemanfaatan board game sebagai media belajar di kelas dan pelatihan pembuatan board game oleh guru-guru pengajar. Salah satu sesi acara yang paling menarik tentu adalah sesi bermain bersama. Bermain bersama ini penting untuk mencoba, mencari referensi dan mendapatkan inspirasi. Para peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh Game Master Playday Indonesia dan Educa Studio untuk bermain board game bersama.


Baca juga : GURU DAN PENGGUNAAN BOARD GAME DALAM PEMBELAJARAN


 

Foto : Main Marbel Firefighter lagiBoard game yang dipakai untuk penyampaian materi workshop ini adalah board game The Heritage of Batik, Emak-Emak Matic, dan Marbel Fire Fighter. Board game tersebut merupakan board game yang bersifat edukasi dan bisa dijadikan sebagai media belajar mengajar. Proses bermain ini selain memang menyenangkan juga bertujuan agar para peserta seminar yang memiliki profesi guru dapat memperoleh ide untuk membuat game-based learning terutama untuk mata pelajaran fisika. 

Foto : Keseruan bermain board game Tim Playday.ID dan guru-guru

Para peserta workshop sangat antusias dan bersemangat untuk mempelahari hal-hal baru dan bermain board game yang kami bawakan. Mereka sangat antusias dan terbawa dalam permainan, bahkan tidak ragu untuk memakai trik-trik cerdik untuk menjadi pemenang. Pokoknya seru sekali!

Foto : Keseruan bermain board game Marbel Firefighter

Itu tadi keseruan kami bersama Educa Studio dan MGMP Fisika MA Se-Karesidenan Semarang. Dengan adanya acara ini semoga membawa dampak positif bagi pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan game sebagai media pembelajaran di sekolah. Di akhir acara, Bapak Ibu guru ternyata memang luar biasa. Mereka langsung tancap gas untuk mengimplementasikan game sebagai media belajar di kelasnya masing-masing. 

Foto : Bermain board game tentang senyawa

Bagi Anda yang tertarik untuk mengadakan workshop yang serupa dapat menghubungi Educa Studio di email berikut support@educastudio.com 


Baca artikel tentang board game lainnya :

pendidikan mediabelajar workshop boardgame pelatihan guru

Febriani Sari

Jumat, 15 Februari 2019

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.