Seru Banget! Daddy’s Day Out Lifelong Edutrip bersama Educa Studio
BLOG EVENT Seru Banget! Daddy’s Day Out Lifelong Edutrip bersama Educa Studio

Seru Banget! Daddy’s Day Out Lifelong Edutrip bersama Educa Studio

 

Bertepatan dengan Hari Kartini, pada tanggal 21 April 2018 lalu Tim Lifelong Edutrip mengadakan sebuah acara menarik, bertajuk Daddy’s Day Out. Acara ini juga diramaikan oleh Educa Studio, salah satu pengembang game edukasi di Indonesia, sebagai salah satu pengisi acara. Penasaran seperti apa acara yang satu ini? Langsung simak di liputan acaranya di bawah ini, ya!

Sumber: Dok. Educa Studio

 

Tim Lifelong Edutrip merupakan cabang unit usaha dari Yayasan Jarimatika Indonesia, yang merupakan pemilik sekolah Lebah Putih Salatiga (School Of Life Lebah Putih). Lebah Putih adalah taman belajar bagi anak-anak usia TK dan SD, sekolah inklusi yang memanusiakan anak-anak karena semua anak berhak belajar sesuai dengan fitrahnya. Sedangkan Daddy’s Day Out adalah rangkaian acara untuk menumbuhkan kedekatan ayah dan anak dalam bentuk camping dan jalan-jalan sambil belajar di Salatiga dan sekitarnya.

Sumber: Dok. Educa Studio

 

Daddy’s Day Out diikuti oleh 35 keluarga dari seluruh penjuru Indonesia yang memiliki anak usia 3 – 10 tahun. Acara tersebut berlangsung selama 3 hari dengan rangkaian acara sebagai berikut:

  • Salatiga Heritage (menguak jejak sejarah Salatiga tempo dulu. Mulai dari bangunan tua, prasasti, cagar budaya, kuliner, dan lain-lain)
  • Jelajah Desa (beraktivitas bersama menyelami kehidupan desa, seperti menanam padi, mengolah potensi enceng gondok menjadi kerajinan bernilai jual, kuliner desa, dan menikmati pemandangan desa yang menarik karena hamparan sawah dekat dengan danau rawa pening dan gunung-gunung)
  • Workshop Batik (berkunjung ke School Of Life Lebah Putih sambil belajar membuat batik, mulai dari membuat pola, mencanting, mewarnai, nglorot, dan pameran karya)
  • Tecno Corner (sesi belajar teknologi dengan produsen game edukasi “Educa Studio”)

 

Pada pukul 20.00 WIB, Educa Studio sendiri bergabung bersama para peserta untuk berbagi keceriaan belajar sambil bermain melalui permainan interaktif atau game. Dalam kesempatan tersebut, Educa Studio mengenalkan board game terbarunya, yaitu “The Heritage of Batik”, kepada anak-anak yang berusia rata-rata 7 – 10 tahun. Sangat pas sekali dengan rangkaian acara di pagi harinya, ya!

Awal mula, anak-anak dikenalkan board game The Heritage of Batik dengan Family Mode, dimana dalam proses permainannya bertujuan untuk menambah kedekatan antara anak dengan ayahnya, namun semakin lama antusiasme anak-anak semakin tinggi hingga akhirnya tim Educa Studio mengajak peserta untuk bermain dalam Competitive Mode. Di dalam mode ini setiap peserta memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperoleh poin sebanyak-banyaknya namun lebih bervariasi karena lebih banyak pilihan kartu. Setelah Competitive Mode dijalankan keseruan semakin memecahkan suasana, semakin larut malam acara tersebut semakin meriah dengan adanya suara-suara tawa bahagia anak-anak dan ayah mereka, bermain sambil belajar melalui permainan keluarga.

  

Sumber: Dok. Educa Studio

 

Tidak hanya board game saja, kepada para orang tua yang memiliki anak berusia 3 – 6 tahun, Educa Studio juga mengenalkan game-game edukasi digital “MARBEL” yang ada pada smartphone, sekaligus melakukan sosialisasi manfaat positif bermain games melalui berbagai media, baik media digital maupun non digital. Anak-anak yang berusia 7 – 10 tahun dengan ayahnya anak dikelompokan setiap kelompoknya 4-5 orang. Untuk anak dengan usia 3 – 6 tahun akan didampingi oleh ayahnya dalam memainkan game edukasi digital MARBEL yang ada di gadget.

Anak-anak yang didampingi orang tuanya memainkan game edukasi yang ada di gadget pun semakin terlihat suasana kehangatan dan keakrabannya. Para Ayah terlihat begitu bersemangat dalam membimbing anak-anaknya. Antusias anak-anak yang tinggi dalam bermain sambil belajar-pun membuat orang tua mereka merasa bahagia dan semakin bersemangat. Malam semakin larut, namun anak-anak yang memang memiliki jiwa bermain yang tinggi justru semakin bersemangat tidak mengenal waktu, hingga tiba saatnya acara selesai. Sebagian anak-anak masih ingin bermain dan enggan untuk menyudahi permainan tersebut. Namun karena waktu memang sudah malam dan mereka juga harus istirahat, maka dengan berat hati panitia harus menutup acara tersebut.

  Sumber: Dok. Educa Studio

 

Tidak lupa, Educa Studio menyampaikan kepada para orang tua bahwa game, gadget, dan teknologi jika kontennya sesuai umur anak bisa memberikan dampak positif  bagi anak tersebut. Bahkan pemerintah Indonesia sendiri mengawasi peredaran game di Indonesia dengan IGRS, yakni Indonesia Game Rating System, dan saat ini hampir semua game Educa Studio sudah terdaftar dalam IGRS tersebut.

 

Keseruan acara ini benar-benar sangat terasa, ya, walau hanya membacanya. Hihihi.. Semoga hadir semakin banyak lagi acara-acara positif seperti ini di Indonesia! Maju terus game Indonesia!

 

daddysdayout educastudio event boardgame indonesia playday

Andi Taru

Kamis, 26 April 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.