7 BOARDGAME YANG COCOK DIGUNAKAN UNTUK NGENALIN KE ORANG BARU
BLOG REFERENSI 7 BOARDGAME YANG COCOK DIGUNAKAN UNTUK NGENALIN KE ORANG BARU

7 BOARDGAME YANG COCOK DIGUNAKAN UNTUK NGENALIN KE ORANG BARU

Sering kali muncul pertanyaan di grup atau ketika main bareng playday "Gan, rekomendasi dong boardgame yang cocok digunakan untuk mengenalkan ke orang-orang baru?" Nah, artikel kali ini TIM PLAYDAY.ID mencoba untuk merangkum 7 boardgame yang cocok untuk pemain-pemain baru: 

 

SABOTEUR

Saboteur adalah card game awal-awal yang bikin tim playday.id mulai mengenal berbagai macam party games lainnya. Seru banget karena ada unsur bluffing (berbohong) dan bisa dimainkan rame-rame 3-10 orang. Kamu bisa berperan sebagai orang yang harus menemukan emas, atau malah sebaliknya harus menghalang-halangi supaya emas tidak ditemukan dan kartu habis dipakai. Durasi yang cukup cepat, sekitar 30 menit. Kalau kamu mainnya rame-rame, kami sarankan SABOTEUR | PLAYDAY.ID bisa dijadikan sebagai pembuka untuk mengenalkan lebih banyak party game seru lainnya. Ohya, jangan lupa beli juga expansion-nya,,, permainan bakalan main seru.

 

CARCASSONE

Nah, kalau yang ini tipe Tile Placement. Cara mainnya cukup mudah yaitu TILE yang dipasang harus memiliki area atau jalur yang menyambung dari TILE yang sudah terpasang sebelumnya. Layaknya membangun sebuah kota, kita harus menghubungkan jalan dan area tertentu untuk memaksimalkan poin yang kita dapatkan. Game ini bisa dimainkan 3-5 orang dengan durasi 30 - 45 menit tergantung jumlah pemain. Lengkapnya lagi bisa kunjungi link di sini CARCASSONE | PLAYDAY.ID. Selain itu, carcassone juga memiliki banyak seri yang menarik lainnya seperti Star Wars, Amazonas, South Seas bahkan ada koleksi BIG BOX nya juga. 

 

WEREWOLF

Lanjut ke boardgame yang memiliki unsur Bluffing dan masuk ke dalam kategori Party Games. Werewolf dalam serial One Night Ultimate Werewolf dapat dimainkan 3-10 orang dengan durasi cuman 10 menit. Kalau untuk pemula dan kebetulan pas rame-rame, cocok banget nih boardgame. Masing-masing pemain nantinya akan berperan sebagai karakter yang berbeda-beda, untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi link ini WEREWOLF | PLAYDAY.ID.

 

BALLOON

Berikutnya adalah boardgame dari Feiratochi berjudul Balloon. Tema yang unik dan permainan yang simple, cocok digunakan untuk mengenalkan boardgame ke pemula. Bisa dimainkan 2 orang saja (duel) atau 4 orang (model party). Walau kadang agak bingung pas baca rulebooknya, tapi jangan khawatir karena designernya orang Indonesia kok jadi tinggal colek-colek saja. Kalau sudah bisa mainnya, bakalan seru. Lengkapnya bisa kunjungi link berikut ini BALLOON | PLAYDAY.ID.

 

KAKAK TELADAN

Board game yang diterbitkan oleh C & Co ini merupakan party game yang mengandalkan ingatan sebagai mekaniknya (memory games). Kamu berperan sebagai kakak yang disuruh belanja oleh ibu, harus ingat ya... Apa saja yang menjadi daftar belanjaan, JANGAN SAMPAI SALAH! Itulah penggalan kata-kata yang harus diucapkan oleh pemain kemudian pemain yang terakhir mengucapkan harus menebak urutan belanja dengan benar. Dijamin seru deh,,, Lengkapnya bisa ke link ini ya.... KAKAK TELADAN | PLAYDAY.ID

 

TICKET TO RIDE

Berikutnya, masuk ke tematic boardgame kamu bisa mencoba TICKET TO RIDE | PLAYDAY.ID. Dengan tema kereta api kita harus membangun jalur terpanjang maupun sesuai dengan kartu misi yang kita dapatkan. Walau terbilang mudah, tapi keseruannya adalah kita bisa saja mengganggu jalur orang lain dengan menutup atau menyelesaikan terlebih dahulu... Pemain dengan jalur terpanjang dan penyelesaian misi terbanyak yang akan menjadi pemenangnya.

 

ALHAMBRA

Menuju ke boardgame untuk pemula yang tematik kita bisa mencoba Alhambra. Di Alhambra, pemain diminta untuk mendapatkan bangunan dengan harga tertentu dan menyusun bangunan tersebut sehingga menjadi tempat yang kuat dikelilingi oleh tembok besi. Tapi ingat, manajemen uang dan peletakan bangunan menjadi penting di sini. Alhambra memang sedikit lebih kompleks, tetapi sebenarnya aturan-aturannya cukup simple. Mungkin boardgame ALHAMBRA | PLAYDAY.ID ini cocok dimainkan setelah kamu memainkan beberapa board game di atas agar lebih ketagihan lagi. 

Demikian 7 Boardgame rekomendasi tim PLAYDAY.id untuk mengajak pemula atau orang-orang baru ketagihan main Board Game. Tentu masih banyak lagi boardgame atau cardgame lainnya yang cocok, tulis komentarmu di bawah ini ya... Untuk memberikan lebih banyak referensi kepada pembaca lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.  

rekomendasi board game untuk pemula

Andi Taru

Minggu, 10 Juni 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Dany Aditya
13 Juni 2018 at 17:33:57
Terima kasih sudah memfitur game kami, Balloon <3. Btw.. kalo ada pertanyaan mengenai game rule, boleh bertanya kok. Hehe. O ya, kami juga menyiapkan video gameplay versi party di youtube. Cukup mencari dengan kata kunci ' Balloon Board Game'.
Sekali lagi terima kasih banyak ^^/. Senang sekali <3.