Cara Bermain Board Game Twist of Fate
BLOG REVIEW Cara Bermain Board Game Twist of Fate

Cara Bermain Board Game Twist of Fate

Board Game Twist of Fate diangkat berdasarkan novel Charles Dickens' berjudul "Oliver Twist". Setting di daerah London pada awal era revolusi industri di abad ke 19. Tempat tinggal yang keras jika kamu miskin. Menemukan tempat perlindungan dan menghindari kejahatan hanya dapat dilakukan menggunakan uang atau keberuntungan.

Tujuan Permainan

Pemain akan berperan sebagai Oliver Twist (seorang anak yatim) yang mencari tempat perlindungan melalui keberuntungan dan uang. Pemain yang terlebih dahulu melewati 8 tempat perlindungan akan memenangkan game ini.

Komponen Board Game

  • 24 Kartu Karakter (6 kartu setiap pemain)
  • 4 Kartu Shillings (uang)
  • 4 Kartu Keberuntungan
  • 9 Kartu Perlindungan
  • 4 Token Nilai (Hijau, Ungu, Kuning, Biru)

Persiapan

Pertama, setiap pemain akan mendapatkan 8 kartu yang sama sesuai warnanya masing-masing di bagian belakang. 

  • Setiap pemain menjabarkan Kartu Keberuntungan dan Kartu Uang di depan mereka, dengan angka "nol" menghadap ke pemain.
  • Sisa kartu sebanyak 6 buah, dipegang di tangan pemain.

Kedua, tempatkan Kartu Perlindungan dalam 1 baris di tengah semua pemain mulai dari angka "0" sampai dengan angka "8". Kemudian, taruh semua token pemain pada kartu pertama (angka "0") yang memperlihatkan gambar anak yatim yaitu Oliver Twist.

Cara Bermain

Permainan akan berjalan dalam beberapa ronde dimulai dari pemain yang paling muda, kemudian bergeser ke pemain di sebelahnya berputar searah jarum jam.

Pada gilirannya, pemain akan memilih salah satu dari dua (2) pilihan, yaitu:

  1. Memainkan Kartu Karakter menghadap ke atas (face-up) dari tangan kita ke depan pemain lain.
  2. Memainkan Kartu Karakter mengadap ke bawah (face-down) dari tangan kita ke depan pemain lain (menampilkan Oliver).

Memilih Face-Up

Ketika kita memilih untuk face-up, maka posisi hadap kartu menjadi sangat penting karena akan menentukan seberapa besar nilai "Gives" dan seberapa besar nilai "Takes" yang berimbas. Bagian yang menghadap ke pemain lawan akan berlaku nilai "Gives" dan "Takes" yang sesuai. Sedangkan bagian yang menghadap kita sebagai pemain aktif akan berlaku nilai "Gives" dan "Takes" yang sesuai.

Memilih Face-Down

Ketika memilih Face-Down maka akan terjadi +1 atau -1 baik nilai keberuntungan maupun uang. Keputusan untuk menaikkan atau menurungkan nilai dilakukan oleh pemain yang menggunakan kartu secara face-down.

Memutar Nasib

Setelah pemain menentukan pilihannya (face-up atau face-down), maka akan terjadi perputaran nasib. Kita cukup memutar kartu keberuntungan dan kartu uang sesuai dengan nilai yang didapatkan (Takes) atau diberikan (Gives). Nilai yang menghadap ke pemain adalah nilai yang terakhir dimiliki.

Cara Penilaian

Pemain yang memiliki atau mencapai nilai 4 baik itu uang maupun keberuntungan, maka tokennya akan maju satu langkah dan nilai (uang atau keberuntungan) akan kembali ke bagian nol. Bisa saja terjadi pemain aktif dan lawan sama-sama maju, adapun yang maju terlebih dahulu adalah yang pemain aktif.

Jika nilai akhir di bawah nol ("0") maka nilai tetap nol. Sama juga dengan nilai yang di atas 4 maka akan dianggap sebagai angka 4 (maksimal). Apabila nilai menjadi 4, maka token maju 1 langkah dan nilai kembali menjadi 0.

Ronde Berakhir

Ronde permainan akan berakhir apabila pemain telah memainkan semua kartu mereka. Kartu yang telah dimainkan oleh pemain lain di hadapan kita akan menjadi kartu pegangan di ronde baru. Ketika memasuki ronder baru, permainan dilanjutkan saja sesuai dengan urutan terakhir. 

Batas Kartu

Setiap pemain memiliki maksimal 6 kartu yang dimainkan di depannya di setiap ronde. Jadi, jika pemain lain sudah menaruh 6 kartu di hadapan kita, maka tidak boleh ada lagi pemain lain yang menaruh kartu tambahan di hadapan kita. 

Permainan Berakhir

Ketika ada seorang pemain yang mencapai Kartu Perlindungan paling akhir (dengan nilai "8"), maka permainan segera berakhir. Pemain tersebut pun akan langsung memenangkan permainan. Bisa saja terjadi beberapa pemain secara simultan sama-sama mencapai kartu perlindungan paling akhir. Maka, pemain dengan jumlah uang dan keberuntungan yang lebih tinggi yang menjadi pemenang. Apabila jumlah nilai uang dan keberuntungan sama besarnya, maka para pemain tersebut sama-sama menjadi pemenang.

Informasi Board Game

  • Player: 2 - 4
  • Duration: 30 minutes
  • Age: 10+ years old
  • Publisher: Mayday Games, LLC
  • Game Designer: Keith Rentz
  • Producer: Ryan Bruns, Allison Litchfield
  • Illustrator: Fabrice Weiss
  • Graphic Design: Benjamin Shulman
  • Development: Daniel Peterson, Scott Winters
  • Editor: Kenny Montano
cara bermain tutorial rulebook

Andi Taru

Selasa, 15 September 2020

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.