7 Board Game Mancanegara dengan Setting Lokasi Indonesia
BLOG REFERENSI 7 Board Game Mancanegara dengan Setting Lokasi Indonesia

7 Board Game Mancanegara dengan Setting Lokasi Indonesia

Dear teman-teman pecinta board game,

Board game di Indonesia pada saat ini dapat dikatakan sedang berkembang pesat. Komunitas bermain bermunculan disana-sini. Jumlah board game juga terus meningkat setiap harinya, baik board game lokal maupun mancanegara. Tapi... tahukah kalian bahwa ternyata banyak sekali board game dengan setting lokasi Indonesia yang diangkat dan dipublish oleh mancanegara? Yuk, kita cari tahu bersama-sama di bawah ini!

 

[1] Papua

Board game dengan mekanik Dice Rolling dan Kategori Racing ini dipublish pada tahun 1992. Dalam game ini, setiap pemain berusaha untuk menyelamatkan diri dari panci sop para penduduk yang kanibal di pedalaman pulau Papua (Agak sadis yah, Hihihi...). Namun, hanya ada 1 pemain yang akan menang dan selamat dari para kanibal, yaitu pemain yang tercepat sampai di tempat canoe berada. 

Papua   Papua

Sumber: boardgamegeek

 

 [2] Java / Cuzco

Pada versi pertamanya, board game yang satu ini berjudul Java. Namun, di tahun 2018 ini, Java kembali dipublish oleh publisher dari Perancis, Super Meeple, dan berganti judul menjad Cuzco. Game ini menceritakan bahwa Jawa adalah pulau yang memukau dan memiliki potensi untuk dikembangkan, dengan tanah subur dan sumber daya alamnya. Setiap pemain sebagai raja di Jawa, harus mengembangkan daerahnya, membangun desa dan kerajaan, kemudian menciptakan kota. Pemain tersukses akan menjadi pemenangnya.

Cuzco   Cuzco

Sumber: boardgamegeek

 

[3] Batavia

Batavia –sekarang disebut Jakarta– juga pernah menjadi tema sebuah board game. Dalam game ini diceritakan masa keemasan kompani Inggris, Belanda, Swedia, Perancis, dan Denmark. Pemain akan berperan sebagai pedagang, mengunjungi pos-pos perdagangan dari kelima kompani tersebut di seluruh Asia. Pemain dengan jumlah uang terbanyak di akhir permainan adalah pemenangnya.

Batavia  Batavia

Sumber: boardgamegeek

 

[4] Borneo

Mirip seperti board game Batavia, dalam Borneo pemain juga akan berperan sebagai pedagang rempah-rempah pada abad XVII. Tugas pemain sebagai pedagang, yaitu mengambil keuntungan dari pertukaran ini, dengan cara mendapatkan kontrol dari kompani tersebut di pelabuhan, mengacaukan status dalam kompani, dan menukarkan barang-barang mereka dengan pesanan. Pemain terkaya adalah pemenangnya.

Borneo  Borneo

Sumber: boardgamegeek

 

[5] Bali

Hingga saat ini ada 3 judul board game Bali, namun yang akan dibahas kali ini adalah board game Bali yang didesain oleh Klaus-Jürgen Wrede, dan dipublish pada tahun 2017. Penduduk Bali sendiri menganggap pulaunya sebagai dunia dewa dan iblis. Pemain sebagai petani akan memanen hasil di sawah untuk membangun kuil, tempat hasil panen dipersembahkan. Pemain sebagai imam akan membantu persembahan dan mengusir iblis. Pemenang adalah pemain yang mengambil pilihan tepat dan berhasil memuaskan dewa.

    

Sumber: boardgamegeek

 

[6] Expedition Sumatra

Sumatra adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki banyak spesies langka di dalamnya. Pemain berperan sebagai pemburu spesies nyaris punah di hutan Sumatra untuk dikembangbiakan. Namun, jangan sampai tergoda harga di black market, ya! Pemain akan membalik dan memutar tile jalan untuk membangun jalan di hutan, melacak hewan langka dan memancingnya ke kapal, yaitu di sekeliling pulau.

 Expedition Sumatra  Expedition Sumatra

Sumber: boardgamegeek

   

[7] Indonesia

Nah, last but not least, judul board game yang satu ini sangat terasa unsur lokalnya, ya. Hihihi.. Dalam board game Indonesia pemain bertugas untuk membangun ekonomi dan berusaha mengumpulkan uang terbanyak. Pemain dapat menguasai perusahaan produksi, seperti beras, rempah-rempah, karet, dan minyak, atau menguasai perusahaan ekspedisi yang mengantarkan bahan-bahan ke kota-kota. Pemain dengan uang terbanyak pada akhir era ketiga akan menjadi pemenangnya.

  Indonesia  Indonesia

Sumber: boardgamegeek

 

Itu dia 7 board game mancanegara dengan setting lokasi Indonesia. Jadi... board game mana, nih, yang berhasil mencuri perhatianmu dan masuk ke wishlist?   :D 

 

boardgame referensi playday indonesia

PLAYDAY

Minggu, 11 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.