[REVIEW] KAKAK TELADAN, Ingat-Ingat Daftar Belanjaan Ibu, ya!
BLOG REVIEW [REVIEW] KAKAK TELADAN, Ingat-Ingat Daftar Belanjaan Ibu, ya!

[REVIEW] KAKAK TELADAN, Ingat-Ingat Daftar Belanjaan Ibu, ya!

 

“Ingat-ingat, ya, Kak, jangan sampai salah!” merupakan salah satu kalimat ciri khas yang sangat membekas di benak kita dari card game Kakak Teladan. Bagi kalian yang pernah memainkan Kakak Teladan, pastinya menganggap card game yang satu ini sangat menyenangkan dan menimbulkan gelak tawa. Betul, kan? Hihi... Nah, pada kesempatan kali ini, Tim PLAYDAY.id menyampaikan pendapat dan melakukan review terhadap card game Kakak Teladan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Kakak Teladan

 

TENTANG KAKAK TELADAN

Kakak Teladan yang dipublish oleh C & Co pada tahun 2017 lalu ini, didesain oleh Vicky Belladino dan Hamzah Alfarabi, serta diilustrasikan oleh Ojin

Kakak Teladan dapat dimainkan oleh 3-8 pemain, berusia 8 tahun ke atas, dan durasi permainan 15-30 menit

Dalam game ini diceritakan bahwa sang Ibu sedang pergi arisan bersama teman-temannya dan pemain, sebagai anak, mendapatkan tugas untuk berbelanja perlengkapan rumah. Namun malangnya, daftar belanjanya tertinggal di rumah. Tugas pemain yaitu mengingat semua barang yang ada di daftar belanja. 

 

KOMPONEN KAKAK TELADAN

Komponen permainan dalam Kakak Teladan, antara lain:

  • 50 Kartu Belanjaan
  • 8 Kartu Event
  • 1 Kartu Pesan Ibu
  • 1 Kartu Belanjaan Terakhir
  • 1 Rulebook

Kakak Teladan

 

CARA BERMAIN KAKAK TELADAN

Tujuan: Menjadi Kakak Teladan dengan mengingat daftar belanjaan yang ada dan menghindari menjadi aib keluarga, yaitu pemain dengan 5 kali kesalahan.

Persiapan:

  1. Pisahkan Kartu Belanjaan dan Kartu Event, dan kocok masing-masing tumpukan.
  2. Selipkan Kartu Belanja Terakhir di atas 3 kartu terbawah tumpukan Kartu Belanjaan, lalu letakkan di area permainan yang mudah terjangkau

Cara Bermain:

  1. Buka 3 kartu dari tumpukan Kartu Belanja sebagai daftar belanja yang pemain harus ingat kata yang tercantum di dalamnya.
  2. Susun daftar belanja berderet ke bawah dengan sisi gambar terbuka dan sisi kata tertutup, lalu ambil 1 Kartu Belanja secara tertutup untuk menutup kata pada daftar belanja paling bawah.
  3. Pemain yang baru-baru ini belanja ke pasar menjadi pemain pertama.
  4. Semua pemain secara berurutan searah jarum jam menyebut 1 kata dari pesan Ibu, “Ingat-Ingat, ya, Kak, jangan sampai salah”, dimulai dari pemain pertama. 
  5. Setelah pesan Ibu telah disebutkan seluruhnya, pemain selanjutnya melanjutkan dengan menyebut kata (jika Kartu Barang) atau melakukan gerakan (jika Kartu Aksi) dari daftar belanja teratas. Pemain selanjutnya melanjutkan dengan kartu berikutnya, dan seterusnya
  6. Jika pemain berhasil menyebutkan semua daftar belanja dengan benar, buka Kartu Belanja yang tertutup tadi dan letakkan di daftar belanja paling bawah. Kemudian permainan diulang dari fase menyebut pesan Ibu. Begitu seterusnya hingga pemain ada yang salah menyebut.
  7. Jika pemain gagal atau salah menyebut kata/melakukan gerakan, maka ambil 1 kartu dari daftar belanja secara acak untuk diletakkan di depannya sebagai penanda jumlah kesalahan. Sisa daftar belanja dibuang ke discard pile, lalu buka 3 kartu dari tumpukan Kartu Belanja untuk menjadi daftar belanja baru. Permainan dilanjutkan dari pemain di sebelah pemain yang gagal tadi.

Akhir Permainan: Permainan terus berlanjut hingga ada 1 pemain yang memiliki 5 kartu di hadapannya, atau Kartu Belanjaan Terakhir terbuka lalu permainan selesai sampai ada pemain yang gagal dan pemain dengan kartu terbanyak di depannya menjadi aib keluarga.

Kakak Teladan

 

REVIEW KAKAK TELADAN

Secara keseluruhan, Tim PLAYDAY.id sangat menikmati card game seru yang satu ini dan tidak memiliki banyak komentar. Namun, Kakak Teladan tetap memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan:

  • Gameplay asik
  • Permainan dapat dinikmati oleh anak-anak maupun dewasa
  • Ide penggunaan gambar dan kata yang pengucapannya mirip sangat menarik dan mengecoh
  • Adanya Kartu Event, terutama kartu untuk mengubah kata”...” menjadi “...” menambah keseruan permainan
  • Ilustrasi menarik
  • Rulebook jelas

 

Kekurangan:

  • Pemain yang sering memainkan card game ini akan menjadi hafal terhadap pasangan gambar dan kata pada Kartu Belanja

Kakak Teladan

Itu dia review Kakak Teladan menurut Tim PLAYDAY.id. Apabila masih penasaran, kamu dapat melihat video tutorial pada link berikut ini: PLAYDAY.id | Official Cara Bermain Kakak Teladan. Jangan lupa beri komentar dan rating juga, ya, untuk card game yang satu ini pada link: PLAYDAY.id | Kakak Teladan

 

 

kakakteladan boardgame cardgame c&co playday indonesia review

PLAYDAY

Senin, 26 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.