Throne of Elements, Perebutan Wilayah antara 4 Suku Golem
BLOG REFERENSI Throne of Elements, Perebutan Wilayah antara 4 Suku Golem

Throne of Elements, Perebutan Wilayah antara 4 Suku Golem

Pada blog sebelumnya, yaitu Flipeek: Medieval, Perpaduan Memori dan Strategi Game, Tim PLAYDAY.id telah membahas salah satu board game yang dirilis oleh Coralis Entertainment, yaitu Flipeek: Medieval. Nah, board game lain dari Coralis Entertainment juga tidak ketinggalan akan kita bahas, nih. Kali ini giliran Throne of Elements. Mau tau seperti apa gamenya? Yuk, kita simak pembahasan di bawah ini.

Sumber: Facebook Throne of Elements

 

TENTANG THRONE OF ELEMENTS

Throne of Elements adalah sebuah card game yang bercerita tentang pulau terapung yang berisi beberapa suku yang terdiri dari 4 elemen. Pada suatu hari, raja dari pulau Throne of Element merasa bahwa pulau tempat tinggalnya terlalu membosankan dan akhirnya memutuskan untuk membuat permainan demi memperebutkan wilayah antara para suku yang tinggal disana. Maka, dimulailah pertandingan, siapakah elemen yang akan memenangkan pertandingan tersebut? Semua bergantung pada elemen siapa yang paling tangguh! 

 

KOMPONEN DAN CARA BERMAIN THRONE OF ELEMENTS

Game yang didesain oleh Febndy, dan diilustrasikan oleh Kevin Reynaldo dan Grace Christiana ini memiliki komponen yang tidak terlalu banyak, yaitu:

  • 4 Kartu Elemen
  • 32 Kartu Wilayah
  • 8 Kartu Action

Sumber: Facebook Throne of Elements

Cara bermainnya yaitu pertama-tama pemain harus mengambil secara acak 1 dari 4 kartu elemen untuk menentukan elemen yang harus dimenangkan dalam permainan. Setelah itu, pemain akan berusaha menguasai semakin banyak wilayah permainan, dengan cara memainkan kartu wilayah yang dimilikinya. Dalam prosesnya, kartu wilayah akan menutupi elemen lawan dan menambah elemen yang pemain miliki. Selain itu, pemain juga bisa menggunakan Kartu Action untuk menggeser wilayah elemen lawan, membuang elemen lawan keluar permainan, atau mengosongkan wilayah. Pemain yang terlebih dahulu menguasai 10 wilayah permainan akan memenangkan permainan ini. 

 

IDE AWAL THRONE OF ELEMENTS

Ide awal permainan ini muncul ketika Febndy sedang membantu jaga toko milik orang tua. Namun, dikarenakan tempat yang terbatas dan mati lampu, maka dengan beberapa lembar kertas yang ada, terpikirlah membuat game Throne of Elements. Ia sendiri memutuskan untuk membuat Throne of Elements ini karena ketika menjaga toko, area permainan dan waktu untuk bermain yang terbatas karena harus melayani pembeli, maka dibuatlah Throne of Elements, card game yang hanya membutuhkan tempat bermain yang kecil, cara bermain simple, dan waktu bermain yang cepat. 

Throne of Elements adalah board game pertama Febndy dan Lovita, dimana disaat itu masih belum banyak board game lokal yang tercetak, sehingga masih banyak PR saat itu mengenai kualitas cetak dan cara distribusi board game. Mengingat disaat itu juga masih belum banyak Toko Board Game dan Board Game Cafe dibanding sekarang.

Kepada Tim PLAYDAY.id, mereka juga sempat mengaku bahwa mereka melipat sendiri semua packaging Throne of Elements dan juga menyusun sendiri semua kartu-kartu hasil offset printing tersebut ke dalam kardusnya, serta shrink wrapped sendiri untuk kemasan. Hal yang dikarenakan percetakan mereka yang sedang sangat ramai itu, akhirnya menjadi sebuah pengalaman  yang tak terlupakan untuk mereka berdua. Hehehe...

 

CARA MEMBELI THRONE OF ELEMENTS

Throne of Elements telah dipasarkan sejak 28 Agustus 2015 lalu, seharga Rp 75.000 dan hingga sekarang dapat dibeli di toko-toko rekanan Coralis Entertainment.

Sumber: Facebook Throne of Elements

 

Nah, melalui game ini, desainer Throne of Elements ingin menunjukkan bahwa bermain tidak  harus memerlukan space yang luas atau waktu yang lama. Dengan semakin berkurangnya quality time antar orang tua dan anak belakangan ini, alasan yang dipakai selalu, “tidak ada waktu, tidak bisa main disini, permainannya susah (anaknya tidak bisa)”, diharapkan game ini bisa menepis semua alasan tersebut sehingga orang tua bisa meluangkan waktu, sekitar 15-20 menit, untuk bermain game yang sangat sederhana ini dengan anaknya.

 

Sekian dulu pembahasan dari Tim PLAYDAY.id tentang Throne of Elements dari Coralis Entertainment. Jadi, kamu lebih suka yang mana, nih, Flipeek: Medieval atau Throne of Elements?

 

throneofelements playday indonesia coralisentertainment boardgame cardgame

PLAYDAY

Minggu, 4 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.