7 Board Game untuk Kamu yang Gemar Bercerita
BLOG REFERENSI 7 Board Game untuk Kamu yang Gemar Bercerita

7 Board Game untuk Kamu yang Gemar Bercerita

Jika pada blog sebelumnya, Tim PLAYDAY.id telah merangkum 5 Board Game Seru dengan Mekanik Worker Placement,  maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan list board game yang pasti akan disukai oleh kamu yang gemar bercerita, versi Tim PLAYDAY.id. Board game mana, nih, yang ingin kamu coba? Yuk, langsung saja kita lihat list di bawah ini.

 

[1] Alkisah

Alkisah adalah permainan dimana pemain membuat sebuah kata yang diawali dengan huruf yang tertera pada kartu Letter yang diambil dan melanjutkan ceritanya, yang kemudian dilanjutkan dan dijawab oleh pemain berikutnya. Permainan berlanjut sampai satu kartu End terbuka, lalu pemain berikutnya membuka kartu Karakter baru. Di akhir permainan, pemain juga bisa mendapatkan bonus poin apabila berhasil menyusun kata dari kartu Letter yang berhasil diambil.

 Alkisah  Alkisah

Sumber: boardgamegeek

 

[2] Rory's Story Cubes

Game Rory's Story Cubes ini juga dapat mengasah kreativitas kamu dalam membuat cerita. Rory’s Story Cube berisi 9 buah dadu enam sisi yang bergambar dan memliki 10 juta kombinasi. Pemain hanya perlu melempar 9 dadu tersebut dan memulai sebuah cerita dengan awalan “Pada suatu ketika.... “. Cara bermainnya juga dapat kamu ubah sesuai kreativitas, lho. Seru banget, bukan?

Rory's Story Cubes  Rory's Story Cubes

 

Sumber: boardgamegeek

 

[3] Once Upon A Time

Once Upon A Time adalah sebuah game dimana para pemain akan membuat cerita bersama-sama menggunakan kartu yang memiliki elemen cerita dongeng. Salah satu pemain menjadi pendongeng dan membuat cerita dari kartu yang dia miliki, sedangkan pemain lain harus mencoba menginterupsi cerita tersebut dan menjadi pendongeng yang baru. Pemenangnya adalah pemain tercepat yang dapat menghabiskan keseluruhan kartunya. 

 Once Upon A Time  Once Upon A Time

Sumber: boardgamegeek

 

[4] But Wait, There's More!

Dalam game ini, pemain berlomba menawarkan produk-produk dengan fitur yang unik. Pemain akan diberikan 3 buah kartu fitur, dimana setiap ronde akan ada 1 kartu produk yang dibuka. Setiap pemain mendapat giliran selama 30 detik untuk menjelaskan fitur yang ada dalam produk tersebut sesuai dengan kartu fitur yang dia keluarkan. Setelah 30 detik, pemain selanjutnya harus berkata “Tunggu, ada lagi!” dan menjelaskan fitur lain dari kartu fitur yang dia keluarkan. Setelah itu, semua pemain melakukan voting dan tiga pemain dengan vote terbanyak setelah 3 ronde menjadi pemenangnya.

 But Wait, There's More!  But Wait, There's More!

 Sumber: boardgamegeek

 

[5] Snake Oil

Dalam game ini, mirip seperti But Wait There’s More, pemain berperan sebagai salesman yang berusaha menjual produk “dua kata” kepada calon pembeli. Setiap pemain akan mendapat 6 kartu kata-kata, dan pemain yang menjadi calon pembeli mengambil kartu pelanggan dan membukanya. Setiap salesman harus berjualan dengan cara mempromosikan barangnya, yaitu dari gabungan 2 kartu yang dipilih. Calon pembeli dapat memberikan kartu pelanggan kepada salah satu salesman yang promosinya lebih bagus dan menjadi poin. Pemain yang memiliki kartu pelanggan terbanyak adalah pemenangnya.

Snake Oil  Snake Oil

Sumber: boardgamegeek

 

[6] Dixit

Dalam board game Dixit ini, 1 pemain akan menjadi storyteller, dan memilih 1 kartu di tangannya, lalu memberikan kata atau kalimat atau cerita untuk mendeskripsikan kata dalam kartu tadi, tanpa menyebut kata tersebut. Pemain lainnya akan memberikan kartu di tangannya yang sesuai dan memberikan ke storyteller. Storyteller akan meletakkan semua kartu –termasuk kartunya-, dan seluruh pemain harus menebak mana kartu milik storyteller. Setelah itu, giliran pemain selanjutnya yang menjadi storyteller, hingga kartu di deck habis.

Dixit  Dixit

Sumber: boardgamegeek

 

 [7] Critane

Critane juga merupakan salah satu board game yang mengharuskan pemainnya bercerita. Game ini didesain oleh Ilham Maulana dan Arie Setiawan, serta diilustrasikan oleh Albertus Ang Hartono, dan masih dalam tahap prototype dan pengembangan. Satu pemain berperan sebagai adik yang harus menilai cerita dari sang kakak, pemain lain berperan sebagai kakak. Pemain dibagikan 5 kartu, 1 kartu dipilih untuk menjadi miliknya, dan 1 kartu diberikan kepada masing-masing pemain lainnya, sedangkan sisanya tidak terpakai. Semua pemain harus membuat cerita sesuai dengan kata yang tertera pada semua kartu yang berada di depannya, kemudian sang adik menilai dengan memberikan kartu bintang. Kemudian role adik akan bergeser ke pemain sebelahnya, permainan selesai saat semua pemain sudah menjadi adik.

  • Jumlah pemain: 3-4
  • Umur: 6+
  • Durasi Permainan: 30 Menit

Critane  Critane

Sumber: Tim Critane

 

Nah, itu dia 7 board game untuk kamu yang gemar bercerita, versi Tim PLAYDAY.id. Tapi, selain board gamne di atas, sebetulnya masih banyak lagi, lho, board game seru lainnya yang mengharuskan pemain bercerita, antara lain:

Yang mana board game favoritmu?

 

playday indonesia storytelling boardgame cardgame

PLAYDAY

Senin, 26 Februari 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.