Sulitnya Menghadapi Perubahan Iklim dalam Board Game “EMISI”
BLOG RILIS Sulitnya Menghadapi Perubahan Iklim dalam Board Game “EMISI”

Sulitnya Menghadapi Perubahan Iklim dalam Board Game “EMISI”

 

Kita semua pasti mengetahui bahwa perubahan iklim pasti akan mempengaruhi kehidupan setiap makhluk di muka bumi ini. Kabar buruknya, dampak dari perubahan iklim ini semakin parah dari waktu ke waktu. Nah, topik inilah yang diangkat dalam sebuah board game yang dirilis oleh WWF Indonesia, berjudul Emisi. Penasaran seperti apa game yang satu ini? Yuk, kita simak bersama penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Sumber: Tim Perancang Emisi

 

TENTANG EMISI

Emisi merupakan sebuah simulasi permasalahan perubahan iklim dengan muatan pembelajaran terkait CDM (Clean Development Mechanism) dan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development).

Board game ini didesain oleh Mahawira S. Dillon, diilustrasikan oleh Raissa Lupita, dan dipublikasikan oleh WWF Indonesia

Emisi menggunakan mekanisme permainan semi-kooperatif, juga dengan mekanik resource management, random events, dan memory.

 

KOMPONEN EMISI

Komponen dari board game Emisi terdiri dari:

  • Papan atmosfir bersama
  • Pouch emisi berisi 150 token emisi
  • Pouch credits berisi 150 coins
  • Empat jenis kartu, dengan total jumlah 216 kartu 

Sumber: Tim Perancang Emisi

 

CARA BERMAIN EMISI

Secara singkat, setelah persiapan papan atmosfir yang setengah penuh token emisi, semua pemain diberikan modal awal berupa beberapa kartu dan koin credit. Permainan berlangsung hingga atmosfir penuh dengan token emisi atau ketika 6 ronde sudah berlalu. Pada tiap ronde, masing-masing pemain akan memiliki 5 aksi.

Sumber: Tim Perancang Emisi

 

PESAN YANG DISAMPAIKAN MELALUI EMISI

Pesan yang ingin disampaikan melalui adanya Emisi ini adalah bahwa perubahan iklim akan sulit dihadapi bila semua orang tidak peduli dengan pembangunan berkelanjutan dan hanya mementingkan keuntungan pribadi.

Namun, bila cukup banyak negara yang cukup peduli untuk mengurangi emisi, maka perubahan iklim dapat dikurangi dampak buruknya. Hal ini dapat dicapai dengan cara bekerja sama tanpa harus merugikan negara-negara yang masih ingin berkompetisi.

 

KERJA SAMA DENGAN WWF INDONESIA

Pihak WWF sepenuhnya membiayai pengembangan ilustrasi dan desain permainan board game Emisi, serta seluruh biaya percetakan yang ada.

Dan pada umumnya, secara keseluruhan proses pembuatan board game Emisi ini berjalan dengan cukup baik, namun beberapa permasalahan internal pada sisi percetakan memang membuat proses produksi mengalami delay yang cukup lama.

Ada pula cerita menarik selama proses pembuatan game ini, lho. Jadi, prototype awal Emisi ini masih sangat kasar, namun sudah dapat digunakan sebagai simulasi dan pemantik diskusi mengenai perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Potensi inilah yang diharapkan dapat dikembangkan dan disebarluaskan dengan mencetak lebih banyak eksemplar permainan papan Emisi.

Sumber: Tim Perancang Emisi

 

CARA MENDAPATKAN EMISI

Board game Emisi tidak dijual, namun selama persediaan masih ada, maka untuk institusi, organisasi, maupun kelompok-kelompok yang terkait dengan pendidikan lingkungan hidup dapat menghubungi tim perancang dan mereka akan dapat menyediakan sebuah eksemplar permainan secara gratis.

Syarat untuk mendapatkan eksemplar dari Emisi secara gratis yaitu adalah komunitas-komunitas yang tertarik dengan isu lingkungan. Apabila kalian menginginkan game ini dan memenuhi syarat, dapat langsung melakukan kontak kepada tim dari Emisi melalui akun Facebook: Mahawira Singh Dillon

 

Tapiii... Walaupun tidak dijual, kalian tidak perlu khawatir! Kalian tetap dapat melihat detail informasi seputar Emisi selengkapnya, melalui link: PLAYDAY.id | Emisi. Jangan lupa juga untuk memberikan rating dan komentar untuk game yang satu ini, ya!

 

emisi boardgame wwf indonesia playday

PLAYDAY

Kamis, 24 Mei 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.