[KICKSTARTER] Fire Tower, Pertahankan Menaramu dari Badai Api
BLOG CROWD FUNDING [KICKSTARTER] Fire Tower, Pertahankan Menaramu dari Badai Api

[KICKSTARTER] Fire Tower, Pertahankan Menaramu dari Badai Api

Saat membaca judul Fire Tower, mungkin akan langsung terbesit dalam pikiranmu bahwa game ini adalah sebuah game kooperatif untuk mempertahankan menara dari lahapan api. Tapi ternyata, Fire Tower ini berbeda, lho. Pada game yang satu ini, setiap pemain harus mempertahankan menaranya masing-masing dan menyebarkan api menuju menara pemain lain. Penasaran, kan? Simak informasi selengkapnya mengenai Fire Tower di bawah ini, yah!

Sumber: Boardgamegeek | Fire Tower

 

TENTANG FIRE TOWER

Dalam Fire Tower, kamu berperan sebagai seorang penjaga menara yang sedang bekerja. Nah, kamu menyadari ada asap di kejauhan dan langsung mengambil radiomu untuk melaporkan terjadinya kebakaran di suatu tempat dalam hutan. Kamu harus mempertahankan menara dengan segala bahan yang ada, seperti menggunakan pemadam kebakaran, memesan air dari udara, dan merencanakan bangunan tahan api. Dapatkah kamu memperdaya musuhmu dan menjadi tower paling akhir yang dapat bertahan di kebakaran ini?

Fire Tower dapat dimainkan oleh 2-4 Pemain, berusia 13 tahun ke atas, dan durasi permainan 15-30 menit. Game ini juga memiliki 2 mode bermain, yaitu mode kompetitif dan tim.

Fire Tower termasuk dalam kategori Environmental, dan menggunakan mekanik:

  • Grid Movement
  • Hand Management
  • Pattern Building
  • Take That

Sumber: Kickstarter | Fire Tower

 

KOMPONEN FIRE TOWER

Fire Tower memiliki berbagai komponen sebagai berikut:

Sumber: Kickstarter | Fire Tower

 

CARA BERMAIN FIRE TOWER

Tujuan: Menjaga menara agar bertahan paling akhir. Semua menara lawan harus hancur untuk memenangkan permainan. 

Persiapan:

Letakkan papan permainan pada tempat yang mudah diraih semua pemain.

  1. Pilih Menara Api berdasarkan tempat duduk. Pada versi 2 pemain, pilih menara yang berseberangan secara diagonal dengan pemain lain.
  2. Pisahkan gem api (berwarna oranye) dan token firebreak (berwarna ungu) menjadi 2 bagian di samping papan.
  3. Buang 4 Kartu Ember (terlihat pada bagian belakang kartu berwarna biru) dari deck dan tempatkan 1 secara terbuka di depan masing-masing pemain. Buang sisanya dari permainan.
  4. Shuffle kartu Aksi dan bagikan 5 kartu ke masing-masing pemain secara tertutup. Pemain dapat melihat kartunya sendiri dan tidak ditunjukkan ke pemain lain. Letakkan sisa kartu aksi secara tertutup di samping papan sebagai draw pile.
  5. Roll dadu untuk menentukan arah angin dan pemain pertama. Letakkan dadu tersebut pada arah yang sesuai. Angin berhembus pada arah ini, namun dalam permainan arah angin dapat diubah dengan kartu aksi. 
  6. Pemain yang menaranya paling dekat dengan arah angin menjadi pemain pertama, kemudian berlanjut searah jarum jam.

 

Cara Bermain:

Di setiap giliran terdapat 2 bagian yang harus diselesaikan secara berurutan, yaitu:

[1] Bagian 1: Angin Menyebarkan Badai Api

Pilih 1 area kosong yang berdekatan dengan gem api dan searah dengan arah angin, kemudian letakkan 1 gem api di tempat tersebut. 

[2] Bagian 2: Lakukan Aksi dari Menara (pilih salah satu dari aksi di bawah)

Mainkan 1 kartu dari tangan dan lakukan aksi kartu tersebut. Setelah aksi selesai dilakukan, letakkan kartu pada discard pile dan ambil kartu baru dari deck.

ATAU

Buang dan ambil maksimal 5 kartu dari tangan. Pemain harus selalu mempunyai 5 kartu di tangan ketika gilirannya selesai.

 

Game Selesai: Ketika hanya ada 1 pemain yang bertahan dan menjadi pemenangnya

 

[Membakar Menara]

  • Jika pemain meletakkan gem api di kotak oranye pada atap menara pemain lain, maka menara tersebut tereliminasi dari permainan. Sebagai hadiah, pemain yang berhasil mengalahkan mengambil semua kartu dari pemain yang dikalahkannya bergabung bersama kartu di tangan, lalu pilih 6 untuk dimiliki dan buang sisanya. Semua pemain mengambil 1 kartu aksi, sekarang semua pemain memiliki 6 kartu di tangan. Apabila ada pemain kalah lagi, kartu di tangan semua pemain menjadi 7 kartu, begitu seterusnya. 
  • Angin tidak bisa lagi berhembus ke arah menara yang tidak terdapat pemain aktif. Contohnya jika pemain merah dan hijau tereliminasi, maka 2 arah tersebut tidak lagi menjadi opsi arah angin.

Sumber: Boardgamegeek | Fire Tower

 

KELEBIHAN FIRE TOWER

Fire Tower menggabungkan struktur permainan intuitif yang cepat dan mudah untuk dipelajari, serta persiapan yang cepat. Namun, walaupun cara bermain mudah dipelajari, keadaan permainan yang selalu berubah memaksa pemain untuk mengubah taktik dan strategi. Hal ini membuat Fire Tower menjadi permainan yang sulit untuk dikuasai dan akan mendapat pengalaman baru di setiap permainannya.

 

Nah, seru banget kan, game yang satu ini? Makanyaaa... jangan lupa untuk memberikan dukungan untuk Fire Tower pada Kickstarter, yah!

 

 

firetower kickstarter playday indonesia boardgame cardgame

PLAYDAY

Jumat, 4 Mei 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.