[KICKSTARTER] GROWL, Generasi Penerus dari Ultimate Werewolf
BLOG CROWD FUNDING [KICKSTARTER] GROWL, Generasi Penerus dari Ultimate Werewolf

[KICKSTARTER] GROWL, Generasi Penerus dari Ultimate Werewolf

Hampir semua orang tentu mengetahui, atau bahkan pernah memainkan card game bluffing legendaris berjudul Ultimate Werewolf. Dalam game tersebut, pemain diharuskan melakukan bluffing atau berbohong untuk dapat memenangkan persaingan antara warga dan werewolf. Nah, pada tahun 2018 ini, ada generasi penerus dari game tersebut, lho. Bagi kamu pecinta bluffing game, pasti suka banget dengan game ini, yaitu Growl, yang sedang diluncurkan pada Kickstarter.

Sumber: boardgamegeek | Growl

 

TENTANG GROWL

Pemain akan berperan sebagai warga yang tidak bersalah, namun salah satu di antara pemain adalah Wolf Zero, werewolf asli yang ingin merubah seluruh kota menjadi sepertinya. Werewolf dapat menggigit warga untuk menjadikannya serigala, warga dapat melukai satu sama lain dengan garpu rumput yang mendekatkannya pada kematian, dan semua orang menjadi saling berkhianat. Di akhir malam ketiga, Wolf Zero akan menggeram dan menjadikan seluruh serigala, termasuk yang sudah mati, bergabung bersamanya. Jika masih ada warga yang hidup, maka mereka akan menang, termasuk warga yang sudah mati sekalipun. Namun, jika semua warga yang masih hidup ikut menggeram, semua serigala menang!

Growl dapat dimainkan oleh 4-7 pemain (hingga 15 pemain dengan 2 deck), berusia 10 tahun ke atas, dan durasi permainan 10-15 menit.

Game ini termasuk dalam kategori:

  • Bluffing
  • Card Game
  • Deduction
  • Party Game

Mekanik yang digunakan:

  • Hand Management
  • Player Elimination
  • Role Playing
  • Take That

 

CARA BERMAIN GROWL

Tujuan:

  • Warga: Lindungi satu sama lain dari berubah menjadi serigala. Warga menang saat minimal ada 1 warga yang hidup setelah Malam Final.
  • Werewolf: rubah atau bunuh warga. Werewolf menang jika tidak ada warga yang hidup saat Malam Final selesai. 

Persiapan:

  1. Bagikan petak tujuan di depan masing-masing pemain. Petak tujuan ini sama semua dan akan menjadi area rumah pemain, sebagai tempat meletakkan kartu pada fase Malam.
  2. Buang dan pisahkan kartu Malam dan Malam Final dari deck.
  3. Bangun deck Persiapan: Buang beberapa kartu Emas dari deck dan 1 kartu Gigit (atau 2 kartu Gigit jika 6-7 pemain). Jumlah kartu pada deck Persiapan sama dengan jumlah pemain, dengan semua kartu Emas, kecuali kartu Gigit. Shuffle deck Persiapan ini dan bagikan 1 kartu pemulai secara tertutup ke tiap pemain. Pemain dapat melihat kartu mereka dan secara rahasia mengetahui apakah mereka warga (jika kartunya Emas) atau Wolf Zero (jika kartunya Gigit). Pemain pada tim warga bisa saja berubah menjadi werewolf nantinya, tetapi sekali werewolf akan selalu menjadi werewolf. Wolf Zero adalah sumber dimulainya infeksi, werewolf pertama, namun belum tentu terakhir. Ada 1 Wolf Zero pada mode 4-5 pemain, dan 2 Wolf Zero pada mode 6-7 pemain. 
  4. Jika bermain dengan kurang dari 6 pemain, buang sisa kartu Luka dan Gigit (sesuai dengan petak persiapan)
  5. Shuffle deck, lalu bagikan 3 kartu tambahan ke masing-masing pemain. Setiap pemain mendapatkan 4 kartu di tangannya.
  6. Dalam keadaan khusus, secara kebetulan pemain bisa saja mendapatkan 3 Luka, maka shuffle 3 Luka tersebut ke dalam deck (kartu rahasia di awal tidak dimasukkan) dan ambil kembali 3 kartu baru, sehingga semua pemain dapat bermain dalam keadaan hidup.
  7. Shuffle kartu Malam dan Malam Final. Letakkan satu kartu Malam Final secara tertutup di paling atas tumpukan deck yang tertutup. Letakkan satu kartu Malam masing-masing pada 1/3 dan 2/3 bagian deck. Letakkan sisa kartu Malam dan Malam Final kembali ke kemasan. Balik deck tersebut sehingga kartu Malam Final yang terletak di paling atas menjadi paling bawah. Deck sekarang dalam posisi terbuka.
  8. Pemain dengan rambut terbanyak, atau pemain dengan emas terbanyak di permainan sebelumnya, menjadi pemain pertama, dilanjutkan sesuai arah jarum jam sampai kartu Malam muncul. Malam menjadi giliran spesial, lalu lanjutkan permainan pada fase Siang lagi hingga Malam Final selesai dan auman serigala terjadi.

Cara Bermain:

[1] Fase Siang

  • Pemain pada gilirannya melihat kartu paling atas pada deck yang terbuka, namun tidak boleh mengambil kartu tersebut karena akan memperlihatkan kartu di bawahnya, sampai mereka menentukan kepada siapa kartu teratas tersebut diberikan. Semua pemain melihat kartu tersebut dan boleh berdiskusi atau membuat alasan mengapa mereka harus menerima atau tidak kartu tersebut.
  • Kartu-kartu yang terdapat dalam permainan, yaitu: Gigit (mengubah pemain menjadi werewolf dengan 3 kali gigitan), Jimat (menghindari gigitan), Luka (membunuh pemain dengan 3 kali luka), dan Obat Penawar (menghindari luka). 
  • Jika pemain memiliki 3 kartu Luka, pemain tersebut mati dan membuka petak tujuannya menjadi sisi mati, tanpa menunjukkan peran mereka. 

[2] Fase Malam

  • Akan ada 3 kartu Malam di deck, termasuk Malam Final. Ketika kartu Malam muncul, kekuatan spesial langsung terjadi pada pemain aktif dan saat giliran selesai, semua pemain yang masih hidup memberikan 1 kartunya secara tertutup pada petak tujuan di depan pemain sebelah kanan dan kiri mereka.
  • Shuffle 2 kartu yang didapatkan pemain sehingga tidak dapat diketahui asal kartunya, lalu lihat 2 kartu itu dan tambahkan ke tangan. Kemudian, buang kartu Malam dari permainan.
  • Ketika malam selesai, pemain yang mati harus langsung mengatakan bahwa mereka mati.

[3] GROWL

  • Setelah melakukan aksi pada Malam Final, game selesai. Wolf Zero mulai menggeram dengan keras.
  • Perlahan-lahan semua werewolf (hidup dan mati) ikut menggeram. Jika semua pemain yang masih hidup menggeram, maka werewolf menang. Namun apabila masih ada minimal 1 warga hidup dan tidak menggeram, maka warga memenangkan permainan.

 

Untuk lebih singkatnya, cara bermain Growl dapat dilihat pada gambar di bawah ini, ya.

Sumber: kickstarter | Growl

 

Game ini tidak membutuhkan moderator, lho. Jadi semua pemain bisa merasakan keseruan permainan. Jangan lupa untuk memberikan dukungan kepada Growl melalui Kickstarter, ya!

 Sumber: kickstarter | Growl

 

growl kickstarter boardgame playday indonesia

PLAYDAY

Rabu, 2 Mei 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.