[REVIEW] LAGA JAKARTA, Kerasnya Lika-Liku Kehidupan di Ibukota Indonesia!
BLOG REVIEW [REVIEW] LAGA JAKARTA, Kerasnya Lika-Liku Kehidupan di Ibukota Indonesia!

[REVIEW] LAGA JAKARTA, Kerasnya Lika-Liku Kehidupan di Ibukota Indonesia!

 

Halo, teman-teman board gamers! Kembali lagi di blog review Tim PLAYDAY.id. Kali ini, kira-kira board game apa, ya, yang akan kita review? Hihihi.. Hint-nya adalah ibukota dari negara kita, Indonesia. Yup, tidak lain dan tidak bukan adalah Jakarta, kota sejuta impian. Di Jakarta, jutaan manusia dari segala penjuru berkumpul dan mencoba mengadu nasibnya dan memperjuangkan impian demi masa depan yang cerah. Hal inilah yang bisa teman-teman alami dalam board game Laga Jakarta! Yuk, langsung saja kita baca review Laga Jakarta menurut Tim PLAYDAY.id di bawah ini.

Laga Jakarta

 

TENTANG LAGA JAKARTA

Laga Jakarta dapat dimainkan oleh 2-5 pemain, dengan usia 12 tahun ke atas, dan durasi permainan 30-60 menit. Seperti judulnya, board game yang satu ini menceritakan tentang Jakarta, lebih khususnya lagi yaitu menggambarkan gaya hidup perkotaan melalui berbagai peran masyarakat yang hidup di dalamnya. Pemain akan mendapatkan satu pekerjaan dan dapat mengumpulkan uang, keterampilan, dan gengsi untuk mewujudkan impiannya ataupun meningkatkan derajat pekerjaannya. Pemain juga akan mendapatkan gaji dari pekerjaannya. Game ini benar-benar mensimulasikan kehidupan di Jakarta, kan? Hihihi...

 

KOMPONEN LAGA JAKARTA

Komponen dalam board game Laga Jakarta ini, antara lain:

  • 6 Kotak Aksi 
  • 8 Token Aksi
  • 31 Kartu Lowongan
  • 20 Kartu Impian
  • 20 Kartu Berita
  • 24 Token Uang (14x 1 koin, 6x 3 koin, 4x 5 koin)
  • 24 Token Gengsi (14x 1 gengsi, 6x 3 gengsi, 4x 5 gengsi)
  • 24 Token Skill (14x 1 skill, 6x 3 skill, 4x 5 skill)
  • 1 Rulebook

Laga Jakarta. 

CARA BERMAIN LAGA JAKARTA

Tujuan PermainanMengumpulkan poin paling banyak untuk menjadi pemenangnya, dengan cara memanfaatkan Token-Token Aksi hingga Kartu Berita terakhir dibuka.

Persiapan:

  1. Kocok 6 Kotak Aksi dan susun membentuk lingkaran.  Lalu, letakkan Token Aksi secara random pada Kotak Aksi.
  2. Pisahkan Kartu Lowongan level 1 dan bagikan 1 Kartu tersebut ke masing-masing pemain secara acak, kemudian diletakkan secara terbuka di depan pemain. Kocok sisa kartu tersebut bersama semua Kartu Lowongan dan letakkan secara tertutup di dekat Kotak Lowongan.
  3. Kocok semua Kartu Impian dan bagikan 1 Kartu tersebut kepada masing-masing pemain secara acak, dan hanya boleh dilihat oleh pemain yang memilikinya. Letakkan sisanya secara tertutup di dekat Kotak Impian.
  4. Kocok semua Kartu Berita dan ambil 12 Kartu tersebut. Pilih pemain pertama yang bertugas membuka deck Berita ini.

Permainan:

  1. Fase Berita: Buka satu kartu dari deck Kartu Berita dan jalankan efeknya 
  2. Fase Gaji: Pemain menerima gaji sesuai yang tertera di Kartu Lowongannya
  3. Fase Aksi: Pemain mengambil seluruh Token Aksi dari salah satu Kotak Aksi dan meletakkan token tersebut satu per satu pada Kotak-Kotak Aksi di sebelahnya, boleh searah atau berlawanan jarum jam. Pemain mengaktifkan Kotak Aksi pada saat token terakhir diletakkan. Apabila Kotak Aksi terakhir menampung lebih dari 4 token, maka terjadi Razia dan pemain tersebut harus membalik Kartu Lowongannya, lalu pada giliran selanjutnya ia tidak menerima gaji.
  4. Fase Akhir: Giliran berpindah ke pemain selanjutnya, searah dengan jarum jam. Fase berita diulang kembali setelah semua pemain menjalankan Fasenya dalam satu giliran.

Poin bisa didapatkan dari Kartu Lowongan dan Kartu Impian yang berhasil diselesaikan. Setiap Kartu Impian yang tidak selesai akan mengurangi 1 poin. Apabila poin seri, pemenang adalah pemain dengan Kartu Lowongan terbanyak. 

Laga Jakarta

 

REVIEW LAGA JAKARTA

Berdasarkan pengalaman Tim PLAYDAY.id saat bermain Laga Jakarta, terdapat kelebihan dan kekurangan dalam game ini.

Kelebihan:

  • Replayability tinggi, dikarenakan jenis Kartu Lowongan, Kartu Impian, dan Kartu Berita bervariasi
  • Masing-masing Kartu juga menampung konten yang menarik. Contohnya yaitu pada Kartu Lowongan terdapat pekerjaan ojek payung, ondel-ondel, dan lain-lain. Pada Kartu Impian misalnya elus macan taman safari, selfie di Monas, dan lain-lain.
  • Rulebook sudah cukup jelas dan dapat dipahami
  • Ilustrasi pada Kartu menarik, menambah keseruan permainan

Kekurangan:

  • Nama Kotak Aksi di penjelasan rulebook menggunakan Bahasa Inggris, namun komponen Kotak Aksi sendiri menggunakan Bahasa Indonesia
  • Tidak dijelaskan kapan efek dari Kartu Lowongan dan Kartu Impian dapat diaktifkan, dan apakah efek tersebut permanen atau tidak
  • Token Aksi sedikit susah terlihat karena transparan

Laga Jakarta

 

Itu dia review Laga Jakarta menurut Tim PLAYDAY.id. Tunggu apa lagi? Yuk, masukkan board game ini ke wishlist kamu. Setelah itu, jangan lupa beri rating dan komentar tentang board game ini pada link: PLAYDAY.id | Laga Jakarta. Sampai jumpa di review selanjutnya!

 

review boardgame lagajakarta chiveus masbro playday indonesia

PLAYDAY

Senin, 19 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.