Liputan Keseruan Grand Re-Opening BGLIB
BLOG EVENT Liputan Keseruan Grand Re-Opening BGLIB

Liputan Keseruan Grand Re-Opening BGLIB

 

Halo, teman-teman boardgamers! Sebelum membaca blog ini lebih lanjut, Tim PLAYDAY.id ingin bertanya, nih, dimana biasanya teman-teman bermain board game? Di rumah, di board game cafe, atau di board game library? Bagi kalian yang berdomisili di Solo, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama BGLIBBeberapa hari yang lalu, BGLIB melakukan Grand Re-Opening dan Tim PLAYDAY.id meliput acara tersebut. Yuk, simak liputannya sebagai berikut.

 Re-opening BGLIB

Sumber: Dokumentasi Tim BGLIB

 

TENTANG BGLIB

Sebelum masuk ke pembahasan event tersebut, kenalan dulu, yuk, sama BGLIB! BGLIB merupakan akronim dari "Board Game and Library", yaitu tempat literasi boardgame dan buku. BGLIB ini didirikan oleh Erwin J. Skripsiadi (a.k.a Kang Emji) dan istrinya, Nurcahyawati Windri Astuti, dengan bantuan teman-teman dari komunitas Mantu Mapan (Main Kartu Make Papan), yaitu antara lain Adhitya W. Purnama, Diah Rahmawati, Eko Heri S., Alvian C.B., Anggreini Pratiwi, Rosalia Destarisa, Kurnia Nur H., Yossalva Kayasa, dan Heri Prasetyo.

BGLIB ini menyediakan berbagai fasilitas, antara lain 2 meja board game, 8 kursi bermain, ekspansi tempat bermain (tergantung situasi dan kondisi pengunjung), dan ratusan koleksi board game pastinya. Ke depannya nanti juga akan ada koleksi buku, seperti novel, komik, artbook, dan lain-lain, serta tidak lupa tambahan koleksi boardgame.

 

GRAND RE-OPENING BGLIB 

Pada mulanya, BGLIB berdiri pada Januari 2017, bertempat di Kompleks Muara Market Surakarta, namun di ruko yang berbeda dengan BGLIB saat ini. 

Grand Re-opening yang dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2018 lalu, pukul 16.00 WIB, berlokasi di Kompleks Muara Market ini, diadakan sebagai bentuk apresiasi Tim BGLIB kepada para pengunjung dan teman-teman pegiat board game, khususnya di Jawa Tengah dan DIY, karena berkat mereka-lah board game semakin dikenal dan digemari oleh lebih banyak orang dan kalangan. Selain itu, re-opening ini dapat dikatakan sebagai bentuk rasa syukur karena BGLIB berpindah ke tempat yang lebih besar dan diharapkan akan lebih nyaman untuk para pengunjung.

Acara ini dikhususkan untuk teman-teman pegiat boargame di daerah Jawa Tengah dan DIY. Terdata sekitar 35 pengunjung yang datang dalam re-opening BGLIB, tetapi ada pula pengunjung yang tidak mengisi data namun ikut bermain dan turut meramaikan. Pengunjung disini terdiri dari teman-teman Komunitas Board Game Salatiga, Perwakilan Kampus Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Dakon Board Game Library Yogyakarta, Perwakilan Pegiat Board Game Semarang, Komunitas Mantu Mapan Surakarta, serta Pengunjung Muara Market lainnya.

Re-opening BGLIB

Sumber: Dokumentasi Tim BGLIB

 

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sharing mengenai perkembangan board game di Indonesia. Kemudian, dilanjutkan dengan main bareng’. Pengunjung dibebaskan memilih board game dan card game apapun yang ingin dimainkan. Acara berlangsung lancar dan ramai oleh pengunjung, disertai gelak tawa karena keseruan permainan yang masing-masing dimainkan oleh beberapa kelompok. 

 

PERUBAHAN BGLIB

Perubahan dari BGLIB sebelumnya yang paling terlihat jelas yaitu perubahan tempat, menjadi lebih besar dan lebih luas sehingga bisa menampung pengunjung lebih banyak. Koleksi board game juga lebih banyak dari sebelumnya. Selain itu, akan ada tambahan koleksi buku.

 Re-opening BGLIB

Sumber: Dokumentasi Tim BGLIB

 

KOLEKSI BOARD GAME DI BGLIB

BGLIB dapat dikatakan surganya para pecinta board game, karena di tempat ini terdapat sekitar lebih dari 400 judul board game (dan masih berkembang hingga saat ini) dari berbagai publisher, dari dalam maupun luar negeri. Board game yang menjadi idola pengunjung, antara lain KlaskFold itTwin itGhost BlitzCash n GunRabbit RallyDancing EggTicket to RideCentury Spice RoadSantoriniMath CatKakak TeladanThe Art of Batik, dan masih banyak lagi.

 

LOKASI DAN JADWAL BUKA BGLIB

Bagi kalian yang penasaran, kalian bisa langsung mengunjungi BGLIB di lokasi Kompleks Pertokoan Muara Market no.4A, Jalan Lumban Tobing, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pengunjung dipersilahkan main sepuasnya pada jam buka yang ditentukan, yaitu setiap hari Selasa sampai Sabtu, pukul 18.00 – 21.00 WIB (last open table). 

 

CARA BERMAIN DI BGLIB

BGLIB menetapkan sistem "member" dengan biaya Rp. 50.000 per bulannya. Fasilitasnya berupa bermain game sepuasnya di jam buka yang telah ditetapkan, free pass ketika playday, serta bisa menikmati koleksi buku bacaan di Library. Untuk pengunjung non-member cukup membayar Rp. 5.000 per kunjungan, dan mendapatkan fasilitas berupa main game sepuasnya di jam buka yang telah ditetapkan dan juga bisa menikmati koleksi buku bacaan di Library. Bagi pengunjung yang masih asing dengan board game juga tidak perlu khawatir, karena akan ada coach game yang mendampingi dan membantu pemain.

 

KONTAK BGLIB

Masih penasaran lagi? Kalian bisa langsung kontak Tim BGLIB melalui Facebook page Boardgame Library dan instagram @boardgamelibrary.

 

Maju terus board game Indonesia!!

 

 

reopening bglin solo playday indonesia boardgame library

PLAYDAY

Selasa, 13 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.