Ini Dia 7 Komponen Board Game yang Paling Sering Kita Jumpai!
BLOG REFERENSI Ini Dia 7 Komponen Board Game yang Paling Sering Kita Jumpai!

Ini Dia 7 Komponen Board Game yang Paling Sering Kita Jumpai!

 

Halo semua! Siapa disini yang suka banget bermain board game? Hayoo... Ngaku. Apa, sih, yang membuatmu menyukai board game ini? Ada yang bilang dari segi gameplay, art yang ditampilkan, cerita atau setting dari game, komponen, dan lain-lain. Membahas komponen board game, komponen apa saja yang paling sering kamu temukan dalam board game? Mengenal komponen board game sendiri sangat penting, sehingga kalian tidak akan bingung saat membaca rulebook dan dapat berkomunikasi tentang board game dengan baik. Nah, blog kali ini akan sangat membantu bagi kalian yang baru mengenal board game, nih. Yuk, simak list komponen board game yang paling sering ditemui di bawah ini.

 

[1] Kartu

Kartu adalah salah satu komponen yang paling sering ditemui dalam board game, umumnya terbuat dari kertas, dengan berbagai macam ukuran panjang dan lebar. Fungsi kartu dalam board game juga bermacam-macam, mulai dari kartu role, kartu petunjuk permainan, kartu penanda giliran, dan lain-lain. Contoh game dengan komponen kartu adalah Sushi Go.

Kartu

Sumber: Boardgamegeek – Sushi Go

 

[2] Board / Modular Board

Board adalah papan permainan yang digunakan sebagai komponen permainan itu sendiri. Dalam setiap permainan, jumlah board bisa lebih dari satu. Ada banyak game dimana setiap pemain akan memegang boardnya masing-masing. Sedangkan modular board adalah papan permainan yang tersusun dari kepingan-kepingan, sehingga sifatnya akan terasa berbeda di setiap permainan. Salah satu contoh board game yang menggunakan modular board adalah Catan

Board

Sumber: Boardgamegeek – Catan 

 

[3] Tile

Kata ‘tile’ dalam Bahasa Indonesia berarti petak atau kotak. Begitu pula tile dalam istilah board game, berarti petak. Petak ini memiliki berbagai macam bentuk, seperti persegi, segi-lima, segi-enam, dan lain-lain. Biasanya, tile digunakan dalam board game bermekanik Tile Placement, contohnya yaitu Carcassonne, dimana tile difungsikan sebagai area yang harus disambungkan dengan tile lainnya dan dapat ditempati oleh pemain.

Tile

Sumber: Boardgamegeek – Carcassonne 

 

[4] Pion / Meeple / Figure

Pion ini juga sering kita temui dalam satu set board game. Pion memiliki berbagai macam bentuk sesuai dengan jenis atau tema permainan itu sendiri, mulai dari bentuk orang, hewan, zombie, dan sebagainya. Secara lebih khususnya lagi, meeple adalah pion yang digunakan oleh board game modern untuk merepresentasikan pemain. Seiring berkembangnya zaman, tidak sedikit juga jumlah board game yang menunggunakan figure/minis sebagai pion dalam komponen mereka, salah satunya adalah Blood Rage yang sempat ramai diperbincangkan oleh para penggemar board game.

Pion

Sumber: Boardgamegeek – Blood Rage

 

[5] Dadu

Mungkin semua orang sudah tau apa itu dadu. Dadu adalah sebuah objek dengan angka atau simbol di setiap sisinya. Umumnya, dadu berbentuk kubus dengan enam sisi, namun tidak hanya itu, lho. Saat ini banyak board game menggunakan dadu dengan delapan, bahkan sepuluh sisi. Tidak hanya angka satu sampai enam saja, dadu dalam board game juga dapat menggunakan simbol-simbol sesuai dengan jenis permainan dan fungsi dadu di dalamnya. BANG! The Dice Game adalah salah satu contoh game yang menggunakan dadu dengan berbagai simbol di tiap sisinya.

Dadu

Sumber: Boardgamegeek – BANG! The Dice Game

 

[6] Token

Token adalah obyek yang dapat merepresentasikan obyek lain dengan lebih sederhana, umumnya berbentuk kepingan kecil. Namun, tidak sedikit juga board game dengan token 3D kecil berbentuk menyerupai benda aslinya. Sama seperti kartu, token juga memiliki berbagai macam fungsi. Token dapat digunakan sebagai koin, penanda giliran pemain, dan sebagainya. Bentuk token-pun bermacam-macam, tidak hanya bulat dan persegi saja, seperti pada board game Lord of Waterdeep dimana terdapat token berbentuk bulan sabit. Unik banget, ya!

Token

Sumber: Boardgamegeek – Lord of Waterdeep

 

[7] Rulebook

Yapp! Komponen yang satu ini tidak mungkin ketinggalan, bisa kacau tanpa adanya rulebook. Hihihi.. Rulebook, atau dalam Bahasa Indonesia disebut Buku Petunjuk, yaitu buku atau lembar panduan yang memuat tentang cara bermain board game dan detail permainan. Tebal tidaknya rulebook sendiri bergantung pada kompleksitas permainan, semakin sulit permainan, biasanya rulebook akan semakin tebal, seperti pada board game Gloomhaven pada gambar di bawah ini.

Rulebook

Sumber: Boardgamegeek – Gloomhaven 

 

Itu dia 7 komponen yang sering kita temui dalam board game. Gimana? Sekarang kamu lebih mengenal nama-nama dan berbagai macam komponen dalam board game, kan? Simak artikel selengkapnya dari kami, ya!

 

komponen boardgame cardgame playday indonesia

PLAYDAY

Senin, 12 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.