9 Board Game Seru dengan Mekanik Tile Placement
BLOG REFERENSI 9 Board Game Seru dengan Mekanik Tile Placement

9 Board Game Seru dengan Mekanik Tile Placement

  

Halo, teman-teman penggemar board game! Pada kesempatan kali ini, Tim PLAYDAY.id akan membagikan referensi board game dengan mekanik Tile Placement. Apa itu Tile Placement? Secara singkat, Tile Placement adalah salah satu mekanik dalam permainan board game, dimana tile-tile diletakkan hingga membentuk suatu kesatuan area. Nah, berikut ini adalah 9 referensi board game seru dengan mekanik Tile Placement versi Tim PLAYDAY.id, yuk kita simak bersama-sama!

 

[1] Throne of Elements

Di Throne of Elements, pemain akan memimpin salah satu dari empat suku golem secara rahasia, dan membuat sukunya mendominasi kawasan dengan mengirimkan banyak golem ke wilayah tersebut. Pemain juga bisa menggunakan kartu aksi untuk merelokasi dan menyingkirkan golem-golem lainnya. Pemain dapat dikatakan menang apabila berhasil mengendalikan lebih dari separuh wilayah atau menunggu sampai akhir permainan dan melihat siapa yang tersisa. Game ini sangat mudah dimainkan oleh anak-anak untuk belajar dan bisa juga menjadi tantangan untuk pemain tingkat lanjut. 

Throne of Elements  Throne of Elements

Sumber: Facebook Throne of Elements

 

[2] The Heritage of Batik

Board game yang satu ini Coming Soon dan masih dalam tahap pengembangan. Dalam game dengan tema unsur lokal ini, pemain bertugas mengumpulkan bahan-bahan untuk membuat sebuah tile Batik, dimana tile ini dapat digunakan untuk membuat pola yang berkesinambungan di papan permainan. Poin didapatkan saat pemain membeli tile dan menggunakan tile. Selain itu, pemain juga berkesempatan untuk menggunakan kartu jurus yang bervariasi, mulai dari mengganggu pemain lain sampai mempercepat langkah untuk mencapai poin tertinggi. Pemain dengan poin tertinggi akan memenangi permainan ini.

 The Heritage of Batik  The Heritage of Batik

Sumber: Facebook The Heritage of Batik

 

[3] Alhambra

Dalam game ini diceritakan bahwa di kaki gunung Sierra Nevada ada sebuah proyek yang sedang dilakukan, yaitu pembangunan Alhambra. Pemain menjadi seorang ahli bangunan dari Eropa dan Arab yang berusaha memperlihatkan kemampuan terbaiknya. Permainan ini memiliki beberapa jenis mata uang dan juga bangunan yang berbeda. Pemain dapat melakukan aksi seperti mengambil uang, membeli bangunan, dan mengubah susunan bangunan yang telah terpasang. Penataan tile bangunan pada permainan ini menentukan skor yang akan didapatkan pemain. Pemain dengan skor terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Alhambra  Alhambra

Sumber: boardgamegeek

 

[4]  Carcassonne: Amazonas

Salah satu seri dari game Tile Placement terkenal, yaitu Carcassonne, ini menceritakan petualangan di sungai Amazon. Game ini merupakan judul ketiga dari seri Carcassonne Around the World. Pemain akan diajak mengarungi sungai Amazon untuk mencari kehidupan satwa liar disana.  Bukan hanya mencari binatang-binatang, para pemain juga bisa mendapatkan skor dengan cara mengunjungi desa penduduk setempat dan berlomba menjadi kapal yang terdepan di arus sungai Amazon.

Carcassonne: Amazonas  Carcassonne: Amazonas

Sumber: boardgamegeek

 

[5] Barenpark

Dalam Barenpark, pemain akan diajak masuk dalam dunia beruang dan berusaha membangun taman beruang. Pemain harus membuat taman tersebut menjadi indah dan memanfaatkan seluruh area yang ada. Pemain hanya perlu menyusun tile dan menggabungkannya di dalam grid yang disediakan. Semakin cepat pemain membangun kandang, tempat outdoor, atau bangunan jadi, maka semakin baik dan skor yang didapat akan semakin banyak.

Barenpark  Barenpark

Sumber: boardgamegeek

 

[6] Cacao

Dalam Cacao, pemain berperan menjadi kepala suku yang harus menjamin kemakmuran suku dengan cara menanam dan berdagang cacao. Sebagai kepala suku yang baik, pemain harus bisa menempatkan penduduk untuk bekerja pada posisi yang tepat. Uniknya dalam permainan ini, pekerjanya berbentuk tile, jadi tile yang dipasang juga sekaligus dianggap sebagai pekerja. Saat dipasang pemain bisa mendapatkan cacao, berjualan, atau mengambil air. Setelah semua tile pekerja setiap pemain habis, maka permainan berakhir dan pemenangnya adalah yang memiliki emas terbanyak. 

  • Jumlah pemain: 2-4 pemain
  • Usia: 8+
  • Durasi Permainan: 45 menit
  • Link: PLAYDAY.id | Cacao 

Cacao  Cacao

Sumber: boardgamegeek 

 

[7] Cottage Garden

Bagi teman-teman pecinta Patchwork, mungkin bisa mencoba permainan ini. Permainan karya Uwe Rosenberg ini mengajak pemain untuk menanam bunga di taman. Pemain berkompetisi untuk memenuhi lahannya dengan bunga. Setiap pemain diberi dua buah lahan untuk ditanami, setiap ada ladang yang penuh akan menjadi skor dan diganti dengan lahan kosong yang baru. Pemain dengan skor terbanyak dalam batas putaran permainan akan menjadi pemenangnya.

Jumlah pemain: 1-4 pemain

Usia: 8+

Durasi Permainan: 45-60 menit

Link: PLAYDAY.id | Cottage Garden 

Cottage Garden  Cottage Garden

Sumber: boardgamegeek

 

[8] Tigris & Euphrates

Permainan ini mengajak pemainnya membangun peradaban melalui mekanisme Tile Placement. Pemain diberikan empat pemimpin dengan fokus berbeda, yang terdiri dari pertanian, perdagangan, kepercayaan, dan pemerintahan. Namun, yang menarik adalah poin yang akan konflik apabila pemimpin peradaban bertemu dengan pemimpin lainnya. Pemain diajak memutar otak agar bisa membangun peradaban yang berimbang dan memenangkan permainan.

Tigris & Euphrates  Tigris & Euphrates

Sumber: boardgamegeek

 

[9] Karuba

Permainan ini menceritakan tentang perjalanan menuju ke Karuba, dan sesampainya di Karuba tiap pemain akan memimpin tim ekspedisi. Pemain akan berlomba untuk mencari jalan menuju ke kuil dan mendapatkan poin tambahan dari barang-barang yang dilalui dalam perjalanan. Tile yang dipilih satu pemain akan digunakan juga oleh pemain lainnya. Siapapun yang mendapatkan poin terbanyak akan memenangkan permainan.

Karuba  Karuba

Sumber: boardgamegeek

 

Nah, itu dia 9 referensi board game seru dengan mekanik Tile Placement. Dari penjelasan di atas, board game mana yang membuatmu tertarik? :D

 

referensi boardgame cardgame playday indonesia tileplacement

PLAYDAY

Kamis, 8 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.