Jadilah Milyarder Terkaya dalam Bluffing Billionaire!
BLOG PROTOTYPE Jadilah Milyarder Terkaya dalam Bluffing Billionaire!

Jadilah Milyarder Terkaya dalam Bluffing Billionaire!

Pernahkah teman-teman bermain board game Laga Jakarta? Nah, pada kesempatan kali ini, Tim PLAYDAY.id akan membahas tentang board game baru dari creator yang sama dengan Laga Jakarta, nih. Judulnya sangat menarik dan kocak, yaitu Bluffing Billionaire! Yuk, langsung saja kita simak blog di bawah ini.

Sumber: Dokumentasi Masbro

 

TENTANG BLUFFING BILLIONAIRE

Sesuai dengan namanya, Bluffing Billionaire adalah card game adu bluffing antar para milyarder, dimana para milyarder akan beradu sombong tentang siapa yang lebih kaya, tetapi tetap harus berhati-hati dengan hartanya (Hati-hati dengan pelit beda tipis, yah. Hihihi...). Game ini adalah proyek independen dari trio Masbro yang mengedepankan simplicity, replayability dan yang paling utama, komedi.

Masbro sendiri sudah pernah meluncurkan board game Laga Jakarta, yang memenangkan Best Tabletop of the Year dari BEKRAF Game Prime, dan sudah bisa dibeli di pasaran. 

 

TIM DESIGNER BLUFFING BILLIONAIRE

Tim designer game ini masih tim yang sama dari Masbro, yakni Nata Chen, Darwin,  dan Desyanto. Untuk ilustrator sendiri, game ini menggandeng William Davis yang dikenal sebelumnya sebagai ilustrator dari Monas Rush dan juga illustrator cover buku-buku Raditya Dika. Sejauh ini, tim Masbro masih belum berencana menggunakan publisher dan menangani semua proses secara internal, mulai dari design game, design visual, marketing, budgeting, sampai dengan produksi. Dan sejauh ini, Bluffing Billionaire adalah game dari Masbro dengan waktu pengembangan paling singkat.

 

KOMPONEN BLUFFING BILLIONAIRE

Bluffing Billionaire berisi kurang lebih 60 kartu berilustrasi untuk mendukung 6 pemain. Jumlah kartu yang minim ini sekaligus menjadi komponen unggulan dari Bluffing Billionaire karena akan sangat portable dan tidak menyita ruang bermain.

 Sumber: Dokumentasi Masbro

 

CARA BERMAIN BLUFFING BILLIONAIRE

Tujuan dari permainan adalah menjadi billionaire paling kaya di akhir permainan dengan menyimpan kartu aset sebanyak mungkin. Setiap pemain akan memilih deck billionaire dengan kekuatan unik masing-masing. Pada giliran mereka, mereka boleh menaruh kartu aset apapun secara tertutup dan harus lebih besar daripada pemain sebelumnya. Pemain boleh menantang pemain lain jika mereka merasa pemain tersebut tidak mengikuti aturan (bluffing). Permainan berakhir ketika ada pemain yang habis kartu asetnya.

 

IDE AWAL BLUFFING BILLIONAIRE

Saat ditanyakan darimana mendapat ide untuk membuat game ini, tim designer dari Bluffing Billionaire mengatakan bahwa pada saat mereka sedang meeting untuk membuat board game untuk sebuah instansi, mereka mengobrol kesana kemari, hingga akhirnya muncullah sebuah ide sekilas, yang ternyata malah seru dan lucu. Jadilah mereka memutuskan untuk memberi nyawa pada ide tersebut.

Tim designer menciptakan game ini dengan memikirkan kebutuhan market tabletop game Indonesia saat ini, dimana sangat disayangkan penetrasi terhadap pemain umum masih sangat rendah. Hal ini disebabkan banyak faktor dan salah satunya adalah masyarakat belum tahu value dari tabletop game sendiri, sehingga enggan untuk mencoba apalagi membeli. Dengan game Bluffing Billionaire, mereka berharap dapat mempenetrasi pasar, baik dari segi harga maupun tingkat kompleksitas yang tidak mengintimidasi pemain awam.

Bagi mereka, yang paling challenging dalam pembuatan game ini adalah membuat produk yang tetap terjangkau, namun tetap berkualitas dari segi gameplay maupun kualitas produksi. Selain itu, dari game ini, mereka ingin menyampaikan pesan bahwa setiap individu memiliki keunikan tersendiri dan kemampuan komunikasi adalah aset yang tak kalah penting dari aset finansial.

 

Sumber: Dokumentasi Masbro

 

RENCANA PEMASARAN

Sejauh ini, Tim Bluffing Billionaire berencana untuk melakukan self-publish, yaitu pada Quarter 2 2018 yang menjad target rilis. Untuk harga, saat ini belum ada angka pasti, namun dapat dipastikan akan sangat terjangkau untuk umum. Nah, Tim PLAYDAY.id juga tak lupa membagikan sedikit bocoran untuk teman-teman semua, nih. Berikutnya, Masbro juga sedang meluncurkan Board Game berjudul "Santet" yang sedang dipersiapkan menuju Kickstarter.

 

Sumber: Dokumentasi Masbro

Bagaimana? Apakah kalian bisa sabar menantikan rilisnya game dari Masbro yang satu ini? Tunggu tanggal mainnya! 

 

 

bluffingbillionaire masbro playday indonesia bluffing cardgame boardgame

PLAYDAY

Senin, 5 Maret 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.