ZAMZAMY, Permainan Kartu Sakti untuk Belajar Ngaji
BLOG RILIS ZAMZAMY, Permainan Kartu Sakti untuk Belajar Ngaji

ZAMZAMY, Permainan Kartu Sakti untuk Belajar Ngaji

 

Hai, semua! Hari ini Tim PLAYDAY.id ingin membagikan berita bahagia, nih, untuk para pecinta board game. Tahun 2018 ini, Indonesia kembali kedatangan board game baru karya anak bangsa, berjudul Zamzamy, yang diterbitkan oleh Sebangku

Sumber: Dok. Sebangku

 

TENTANG SEBANGKU

Sebangku adalah penerbit game edukasi yang berfokus pada pendidikan anak Sekolah dasar (SD). Terhitung sejak bulan Februari 2016, Sebangku telah menciptakan 6 judul game. Sebagian besar game mechanic dibuat oleh Kaksam Rizky, seorang dosen Program Studi Teknologi Informasi Universitas Amikom yang lebih berfokus pada animasi dan game. Game yang sudah dipasarkan adalah Jamrana, game kartu untuk meningkatkan gerakan literasi anak. Dan game yang akan dilaunching pada tahun 2018 ini adalah Zamzamy, buku yang dilengkapi dengan game kartu tentang huruf hijaiyah dan kata Bahasa Arab.

 

TENTANG ZAMZAMY

Buku Game Zamzamy dapat digunakan oleh anak usia 7 tahun ke atas, dengan durasi 15 menit, dengan 2-5 pemain.

Game ini menceritakan tentang perjuangan dua orang anak bernama Azzam dan Ami yang berusaha mendapatkan air zamzam untuk menyembuhkan ibu yang sudah lama sakit. Perjuangan mereka dilakukan dengan mengikuti sayembara Raja yang akan menghadiahkan air zamzam kepada pemenang sayembara.

Zamzamy

Sumber: Dok. Sebangku

Paket penjualan Buku game hasil Kerjasama antara Sebangku dan aksesbook  ini berisi:

  • 1 buku kurikulum bahasa arab (1600 kata, huruf pisah dan sambung),
  • Lembar nilai permainan/pembelajaran,1 buah poster huruf hijaiyah,
  • 4 buah token penanda harokah/posisi,
  • 2 buah penjepit buku,
  • 35 token pemain (5 warna @7buah),
  • 1 buah papan permainan,
  • 48 kartu (8 Kartu misi, 12 kartu aksi, 28 kartu hijaiyah). 

 

ASAL USUL ZAMZAMY

Pemilihan nama Zamzamy berasal dari kata zamzam. Filosofi yang digunakan adalah proses pembelajaran Al-Qur'an yang mudah dipelajari, menyenangkan dan dapat dimainkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tujuan utama dari buku ini sendiri adalah menyembuhkan umat muslim dari "penyakit" buta hijaiyah, hal tersebut sesuai dengan khasiat air zamzam yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan izin Allah.

Ide awal munculnya Sebangku sendiri berawal dari keprihatinan melihat adik-adik di era teknologi yang semakin "kecanduan" gadget. Ditambah lagi berubahnya perilaku anak yang kurang peduli dengan interaksi sosial baik di keluarga maupun di sekolah. Hasrat untuk menciptakan inovasi di dunia pendidikan semakin meningkat berkat banyaknya keluhan guru tentang lemahnya minat baca anak. Permasalahan tersebut kemudian mengilhami tim desainer untuk menciptakan game kartu yang dapat meningkatkan minat baca anak.

 

KELEBIHAN ZAMZAMY

Kelebihan dari buku game Zamzamy sendiri adalah sebagai berikut:

  • Keterampilan berbahasa anak
  • Pemahaman huruf sambung dan pisah
  • Kecerdasan kognitif anak tentang harokah dan fi'il majhul
  • Kemampuan analisis anak
  • Kemauan untuk berinteraksi antar pemain

Keunggulan lain dari produk ini adalah sifatnya yang hybrid (perpaduan antara digital dan kenyataan). Produk yang dibuat oleh sebangku berwujud game fisik yang dilengkapi dengan aplikasi sebagai pendukung. Berbeda dengan game di Android dan IOS yang harus dimainkan dilayar dan minim interaksi nyata antar pemain, game Sebangku berfokus pada interaksi pemain (seperti mainan tradisional) dan diperkaya dengan aplikasi. Manfaat yang dirasakan oleh pendidik adalah menambah media ajar di sekolah dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik, belajar berfikir runtut, mendapat informasi yang konkrit, dan meningkatkan interaksi sosial antar pemain. Implementasi yang sudah dilakukan oleh komunitas antara lain, pembelajaran di SD, OSPEK di kampus, pembelajaran Al-Qur’an oleh remaja masjid, dll. 

 

PRESTASI SEBANGKU

Karya sebangku telah diikutkan ke berbagai ajang nasional dan internasional, antara lain: Game Prime yang diadakan oleh BEKRAF (2016), acara Pesta Pendidikan (2017), Subogama-Surabaya Boardgames Market (2017), dan kegiatan International Youth Entrepreneur Summit (2017) yang diadakan pada tanggal 11 – 14 Desember 2017 di Hotel Soleil dan Kuala Lumpur Convention Centre. Pada  kegiatan ini Kaksam Rizky menajadi salah satu delegasi kegiatan Global Entrepreneur Community (GEC) yang dihadiri oleh 50 Negara dari seluruh dunia dan resmi menjadi Duta Pengusaha Kampus selama satu tahun, yaitu tahun 2017/2018, bertugas untuk menyebarkan semangat entrepreneurship di lingkungan lembaga dan sekitarnya.

Zamzamy

Sumber: Dok. Sebangku

Nah, bagaimana menurut kamu? Game yang satu ini unik banget, kan? Bagi kamu yang masih penasaran, bisa langsung lihat detail board game lebih lengkap pada link Zamzamy, dan detail publisher lebih lengkap pada link Sebangku

 

zamzamy sebangku playday indonesia boardgame cardgame

PLAYDAY

Rabu, 11 April 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.