[REVIEW] $tockLab, Kembangkan Asetmu dalam Pasar Modal
BLOG REVIEW [REVIEW] $tockLab, Kembangkan Asetmu dalam Pasar Modal

[REVIEW] $tockLab, Kembangkan Asetmu dalam Pasar Modal

 

Pasar saham, reksa dana, dan investasi mungkin terdengar kurang familiar di telinga kita. Namun, jangan khawatir, karena apa yang akan kita bahas di bawah ini dapat membuat kita mengenal lebih dekat hal-hal tersebut. Ya, melalui board game $tockLab yang didesain oleh Nata Chen, kita dapat bermain sambil mensimulasikan pasar modal, khususnya saham dan reksa dana.

$tockLab

 

 

TENTANG $TOCKLAB

$tockLab dapat dimainkan oleh 3-5 pemain berusia 12 tahun ke atas, dengan durasi permainan 20-45 menit. Dalam $tockLab, para pemain akan berlomba membangun aset dengan berinvestasi di beberapa sektor saham serta reksa dana, dan menggunakan berbagai aksi secara optimal untuk menjadi investor tersukses. Pemain dengan total aset terbanyaklah yang akan menjadi pemenangnya.

Game dengan mekanik bidding, drafting, dan stock holding ini memiliki berbagai komponen, yaitu:

  •     4 Kartu Sektor Saham dan 4 Token Harga
  •     1 Kartu Reksa Dana
  •     36 Kartu Ekonomi
  •     60 Kartu Aksi
  •     10 Token Split
  •     58 Koin
  •     5 Kartu Utang
  •     5 Kartu Petunjuk
  •     5 Kartu Urutan

Komponen $tockLab

 

CARA BERMAIN $TOCKLAB

Untuk persiapan, kocok dan susun 4 Kartu Saham berjejer dari kiri ke kanan dan letakkan 4 Token Saham pada angka 5 (harga awal) di tiap sektor sebagai penanda harga. Kartu Reksa Dana diletakkan di tengah 4 saham. Kocok tumpukan Kartu Ekonomi dan letakkan 6 kartu secara tertutup di atas masing-masing Kartu Saham. Setiap pemain mendapatkan 15 koin sebagai modal awal, diletakkan di belakang Layar Pembatas. Terakhir, kocok semua tumpukan kartu aksi dan letakkan secara tertutup.$tockLab

Permainan terdiri dari 4 fase, yaitu Fase Bidding, Fase Aksi, Fase Jual, dan Fase Ekonomi.

  1. FASE BIDDING: Buka Kartu Aksi sebanyak dua kali jumlah pemain. Pemain melelang urutan jalan, tiap pemain mengisi kepalan dengan Koin secara rahasia, minimum 1 Koin. Bandingkan jumlah Koin & bagi Kartu Urutan mulai dari pemain dengan Koin terbanyak.
  2. FASE AKSI: Tiap pemain mengambil 1 kartu  secara bergantian, dimulai dari Kartu Urutan 1 hingga semua kartu habis. Pemain dapat menyimpan kartu sebagai saham, atau langsung menggunakan efek kartu.
  3. FASE JUAL: Sesuai Urutan jalan, tiap pemain dapat menjual satu jenis Saham sebanyak yang diinginkan, dengan harga sesuai yang tertera pada Kartu Saham.
  4. FASE EKONOMI: Buka Kartu Ekonomi teratas dari tiap sektor. Jalankan efek tiap kartu, kemudian buang semua kartu Ekonomi yang sudah diaktifkan.$tockLab

Permainan selesai saat Kartu Ekonomi terakhir dibuka dan efek dijalankan. Sisa saham pemain dapat dijual. Pemain dengan jumlah uang terbanyak menjadi pemenangnya.

$tockLab

 

REVIEW $TOCKLAB

Berdasarkan pengalaman Tim PLAYDAY.id, board game $tockLab memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan.

 Kelebihan:

  •  Persaingan dalam permainan sangat terasa, sehingga lebih asik
  •  Art sederhana, namun menarik
  •  Ilustrasi pada setiap kartu juga jelas dan mudah dimengerti. 

Kekurangan:

  • Dalam rulebook tidak dijelaskan, apakah kartu saham yang kita simpan terbuka atau tertutup.
  • Selama beberapa sesi permainan, Kartu Hutang sama sekali tidak terpakai. Namun, bergantung pada situasi permainan, kartu Hutang dapat digunakan jika para pemain melakukan bidding dengan jumlah koin yang cukup tinggi. Juga harus diambil untuk melakukan pembayaran, misalnya Trading Fee, saat pemain kekurangan Koin.
  • Sistem Kartu Ekonomi penentu naik dan turunnya harga terlalu random, sehingga strategi terkadang tidak dibutuhkan. Namun, ada cara untuk me-migrasi unsur keberuntungan tersebut melalui beberapa efek pada Kartu Aksi.

 

Nah, penasaran ingin mencoba bermain pasar modal pada board game me $tockLab ini? Kalian bisa melakukan pemesanan $tockLab melalui kami, pada email: playdayindonesia@gmail.com, dengan menyertakan Nama Lengkap, Nomor WhatsApp, dan Alamat Pengiriman. Detail board game $tockLab dapat dilihat pada link: PLAYDAY.id | $tockLab 

  

$tockLab indonesia playday pasarmodal boardgame

PLAYDAY

Senin, 12 Februari 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.