[REVIEW] Rodeo, Ketika Banteng dan Cowboy Bertarung
BLOG REVIEW [REVIEW] Rodeo, Ketika Banteng dan Cowboy Bertarung

[REVIEW] Rodeo, Ketika Banteng dan Cowboy Bertarung

Halo, semua! Kembali lagi pada blog [REVIEW], nih. Pada kesempatan kali ini, Tim PLAYDAY.id akan memberikan review tentang Rodeo, sebuah card game yang didesain oleh James Mustafa, diilustrasikan oleh Ivan Pratama, dan dipublish oleh Redvanila pada tahun 2014 lalu. Daripada tidak sabar lagi, yuk, langsung saja kita simak penjelasan tentang Rodeo di bawah ini.

Rodeo

 

TENTANG RODEO

Dalam Rodeo, para pemain akan berperan sebagai 1 banteng dan sisanya sebagai cowboy/cowgirl. Selama permainan, cowboy harus mengikuti gerakan dari si banteng dan mengatur gerakan tersebut untuk mendapatkan poin, yaitu dengan gerakan spesial. Tapi, saat melakukan gerakan spesial juga harus tetap berhati-hati, karena pemain dapat kehilangan poin apabila kalah pada gerakan tersebut.

Rodeo dapat dimainkan oleh 2-5 pemain berusia 10 tahun ke atas, dengan durasi permainan kurang lebih 15 menit.

Satu set game dengan mekanik Rock-Paper-Scissor ini, terdiri dari: rulebook, 4 set kartu cowboy (masing-masing terdiri dari 12 kartu arah dan 3 kartu batu-gunting-kertas), 1 set kartu banteng (terdiri dari 16 kartu arah dan 3 kartu batu-gunting-kertas), token +1, dan token -1. Kartu arah terdiri dari Up, Down, Left, dan Right.

Komponen Rodeo

 

CARA BERMAIN RODEO

Cara bermainnya juga cukup sederhana. Satu pemain akan berperan sebagai banteng, dan sisanya sebagai cowboy. Masing-masing pemain mengambil 1 set kartu arah dan kartu batu-gunting-kertas dengan warna yang sama. Semua pemain melakukan shuffle pada deck kartu arah, pemain yang menjadi bull mengambil 8 kartu dan pemain yang menjadi cowboy mengambil 6 kartu.

Pertama-tama, banteng memainkan dan membuka 1 kartu arahnya, dan pemain lain secara bersamaan harus mengikuti arah dari si banteng (Perhatikan arah di bagian kanan kartu saja). Jika cowboy tidak memiliki kartu arah yang sesuai, ia harus membuang 1 kartunya dan mengambil 1 kartu dari decknya. Apabila tidak mendapat kartu arah yang sesuai, si pemain terjatuh dan kalah dalam ronde ini, dan banteng mendapat +3 poin untuk setiap cowboy yang terjatuh.

Rodeo

 

Special movement akan terjadi apabila kartu arah yang pemain keluarkan, arah bagian kiri kartu (yang sedikit transparan) sesuai dengan arah pada giliran sebelumnya. Pemain yang melakukan special movement ini akan bertanding dengan banteng menggunakan kartu batu-gunting-kertas, yang menang akan mendapat +1 poin dan yang kalah -1 poin. Setelah sepcial movement dilakukan, banteng membuang 1 kartunya secara random dan masing-masing pemain mengambil 1 kartu dari decknya. Apabila ada 2 pemain atau lebih yang melakukan special movement, maka pemain yang berteriak ‘Yihaa!’ lebih dulu mendapat +1 poin, dan pemain lainnya -1 poin. Satu ronde selesai setelah banteng mengeluarkan 5 kartu arah.

Rodeo

 

Permainan selesai apabila semua pemain telah mendapatkan giliran menjadi banteng. Pemain dengan poin terbanyak adalah pemenangnya.

 

REVIEW RODEO

Setelah memainkan Rodeo, Tim PLAYDAY.id memiliki berbagai testimoni, baik yang positif maupun negatif. Rodeo memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

   Kelebihan:

  • Gameplay sederhana, namun unik dan mudah dimengerti
  • Art menarik, ilustrasi juga cukup membantu dalam memahami gameplay
  • Durasi permainan cepat dan tidak harus memutar otak dengan keras
  • Dapat menjadi salah satu referensi board game untuk mengisi waktu luang

   Kekurangan:

  • Bagian belakang pada setiap jenis kartu memiliki desain yang sama, sehingga pemain terkadang bingung yang mana kartunya.
  • Jumlah token untuk 5 giliran kurang, sehingga tiap giliran harus mencatat poin yang didapat oleh masing-masing pemain.
  • Penjelasan pada rulebook bagian scoring sedikit sulit dimengerti, karena struktur terbagi dua antara scoring saat banteng kalah dan scoring saat banteng berhasil hidup selama 1 giliran.

 

Nah, bagi kalian yang penasaran terhadap Rodeo, kalian bisa cek detail Rodeo lebih lengkap pada PLAYDAY.id | Rodeo.

Kalian juga bisa melakukan pre-order Rodeo  dengan harga $52melalui kami di email: playdayindonesia@gmail.com. Jangan lupa sertakan Nama Lengkap, Nomor WhatsApp, dan Alamat Pengiriman, ya :D

 

rodeo boardgame cardgame playday indonesia redvanilla

PLAYDAY

Minggu, 11 Februari 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.