[REVIEW] Oktet Card Game, Membuatmu Melupakan UNO
BLOG REVIEW [REVIEW] Oktet Card Game, Membuatmu Melupakan UNO

[REVIEW] Oktet Card Game, Membuatmu Melupakan UNO

Pernahkah teman-teman mendengar istilah ‘Oktet’? Pada kesempatan kali ini, Oktet kita bahas berbeda dengan oktet yang biasanya kita dengar pada ilmu kimia. Oktet kali ini adalah sebuah card game dari Morfosic Studio.

Kata Oktet sendiri memiliki arti suatu kaidah ilmiah yang menyatakan bahwa atom memiliki delapan elektron dalam kelopak valensinya. Nah, daripada kita pusing-pusing memikirkan kimia, lebih baik kita langsung bahas card game Oktet saja, yuk. Penasaran, kan, sama game yang satu ini? Penjelasan di bawah ini merupakan review dari Tim PLAYDAY.id tentang card game Oktet.

 

TENTANG OKTET

Card game Oktet dapat dimainkan oleh 3-9 pemain, yang berusia 9 tahun ke atas, dengan durasi permainan kurang lebih 15 menit.

Dalam Oktet, pemain harus mengumpulkan 1 set kartu yang memiliki angka dan warna yang sama untuk mendapatkan poin dan menjadi pemenangnya. Satu set kartu berjumlah 8 kartu. Mungkin, inilah alasannya mengapa permainan ini diberi nama Oktet, sama-sama berjumlah 8. Hihi...

Komponen yang ada dalam kartu seperti pada gambar di bawah ini, yaitu 1 rulebook, 3 wild card, dan masing-masing 8 kartu yang berangka 1 sampai dengan 9, kecuali angka 5 yang berjumlah 11 kartu.

Oktet

 

CARA BERMAIN OKTET

Cara bermainnya juga sederhana, yaitu pemain di setiap gilirannya dapat melakukan negosiasi dengan pemain lain untuk menukarkan kartunya dengan jumlah kartu dan angka yang sama. Misalnya, "Ani" pada gilirannya ingin menukarkan 2 kartu berangka 5, "Budi" menyetujui dengan memberikan 2 kartunya yang berangka 9, namun kartu dalam kondisi tertutup (diperbolehkan melakukan bluffing juga lho, hihihi...). Setelah negosiasi selesai, berikan satu kartu ke pemain sebelah kiri. Sekarang, gantian pemain sebelah kiri yang melakukan negosiasi. Begitu seterusnya hingga ada yang berhasil mengumpulkan 8 kartu yang sama. Angka pada kartu yang berhasil dikumpulkan sama dengan poin yang didapat. Misalnya, "Budi" mengumpulkan 8 kartu berangka 9, maka Budi mendapat 9 poin. Apabila ada 2 pemain yang berhasil mengumpulkan secara bersamaan, maka pemain yang berteriak ‘OKTET!’ duluan-lah yang menjadi pemenangnya.

Wild card dapat dipakai dalam pertukaran kartu. Misalnya, "Ani" menawarkan 3 kartu (2 kartu angka 5, dan 1 wild card) diperbolehkan. Selain itu, apabila pemain berhasil mengumpulkan 8 kartu yang sama ditambah dengan wild card, masing-masing wild card bernilai 5 poin. Namun, apabila pemain memegang wild card dan tidak menjadi pemenang, pemain harus melakukan hukuman sesuai dengan perjanjian hukuman di awal permainan.

Permainan selesai saat ada pemain yang berhasil mencapai 16 poin, atau pemain bisa juga melakukan perjanjian poin di awal permainan.

Oktet

 

REVIEW OKTET

Menurut Tim PLAYDAY.id, card game Oktet memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

   Kelebihan:

   - Oktet dapat dimainkan secara ramai-ramai (party)

   - Art simple, namun tetap menarik dan mudah dipahami

   - Gameplay cepat untuk dipelajari dan mudah dimengerti

   - Oktet dapat menjadi salah satu game yang seru untuk mengisi waktu luang bersama teman-teman

 

   Kekurangan:

   - Banyaknya kartu kurang pas dengan ukuran kemasan, sehingga ada beberapa kartu yang tidak bisa masuk ke dalam kemasan.

  - Ada beberapa bagian dalam rulebook yang kurang jelas (Tapi, jangan khawatir, Tim PLAYDAY.id sudah melengkapinya di atas, kok :D ), contohnya yaitu pada rulebook tidak ada  penjelasan bahwa wild card boleh dicoret-coret dan hukuman dapat didiskusikan dengan pemain, tidak ada penjelasan apakah pemain diperbolehkan melakukan bluffing, dan juga tidak ada penjelasan bahwa pemain harus berteriak ‘Oktet!’ apabila berhasil mengumpulkan 8 kartu yang sama.

 

Nah, jika teman-teman tertarik dan ingin membeli card game Oktet ini, ataupun ingin bertanya-tanya lebih lanjut, teman-teman bisa langsung menuju ke link PLAYDAY.id | Morfosic StudiosTeman-teman juga bisa melakukan pemesanan melalui alamat email kami di: playdayindonesia@gmail.com, dengan harga Rp.75.000 (belum termasuk ongkos kirim).

Detail card game Oktet lebih lengkap dapat dilihat pada link: PLAYDAY.id | OKTET

 

oktet cardgame indonesia morfosic boardgame

PLAYDAY

Sabtu, 10 Februari 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.