Vaxx Challange, Board Game pada Global Game Jam 2018 (Part 2)
BLOG EVENT Vaxx Challange, Board Game pada Global Game Jam 2018 (Part 2)

Vaxx Challange, Board Game pada Global Game Jam 2018 (Part 2)

Seperti yang telah kita ketahui dari blog Mother Signal, Board Game pada Global Game Jam 2018 (Part 1), Global Game Jam (GGJ) adalah sebuah event tahunan dimana para game developer di seluruh dunia berkumpul di satu tempat untuk membuat game bersama selama 3 hari. Sejak tahun 2014, setiap tahunnya Indonesia sendiri selalu rutin berpartisipasi dalam Global Game Jam. Dan pada tahun 2018 ini, Global Game Jam juga kembali terselenggara pada x kota di Indonesia.

Pada GGJ 2018 ini Indonesia menghasilkan beberapa board games, salah satunya yaitu Mother Signal yang telah kita bahas. Namun ada pula board game yang tak kalah menarik, yaitu Vaxx Challange yang dihasilkan oleh peserta dari GGJ Bekasi.  Dengan tema besar Transmission, tim Vaxx Challange mengartikannya sebagai penyebaran Virus Transmission

Yuk, kita simak cerita dalam pembuatan Vaxx Challange pada GGJ Bekasi ini!

 

Tim Vaxx Challange

Sebelum membahas Vaxx Challange lebih jauh, kita kenalan dulu, yuk, sama anggota tim yang merancang Vaxx Challange. Pertama, ada Rendi Kristiyadi, seorang karyawan swasta di perusahaan game. Yang kedua, ada Sandy Tanudjaja, seorang mahasiswa dari Bekasi. Kemudian ketiga, ada Lavin Bassam, sama seperti Sandy, ia adalah mahasiswa dari Bekasi. Last but not least, ada Ardian Trianto, seorang karyawan swasta dari Pamulang. Mereka berempat ini akhirnya bertemu di lokasi GGJ Bekasi karena  keinginan mereka yang tinggi untuk belajar tentang game dan mencoba sesuatu yang baru.

Tim Vaxx ChallangeSumber: Dok. Tim Vaxx Challange

 

Ide Awal Vaxx Challange

Pada awalnya, mereka hanya berencana untuk membuat design terlebih dahulu dengan coret-coretan sederhana. Namun setelah dilihat-lihat, sepertinya akan lebih asik jika berbentuk board game daripada digital. Itulah mengapa akhirnya mereka memutuskan untuk membuat board game.

Sedangkan, ide awal cerita permainannya berasal dari berita hoax yang sempat viral beberapa saat lalu, yaitu tentang Dokter Amerika yang melarang vaksin, padahal orang yang diberitakan tersebut merupakan seorang bintang porno, yaitu Johny Sins. Dan percaya atau tidak, banyak orang termakan dengan hoax tersebut, lho... Lalu dari situlah, tim akhirnya melihat bahwa di Indonesia hoax dapat menyebar dengan sangat cepat (Mungkin melebihi kecepatan cahaya. Hihihi...). Di sisi lain, jika terdapat berita atau informasi yang benar, akan sangat sulit untuk disebarkan karena tidak adanya unsur menarik dari berita tersebut yang membuatnya menjadi viral. Karena itulah, mereka berempat  melawan balik hoax tersebut dengan membuat board game educational yang menarik dengan memparodikan hoax tersebut. Kreatif sekali, ya, mereka berempat ini!

 Vaxx Challange

Sumber: Dok. Tim Vaxx Challange

 

Cara Bermain dan Komponen Vaxx Challange

Pertama-tama, pemain memilih 2, 4, atau 6 orang untuk menjadi pemain dan masing-masing mengambil Role secara random. Bagi pemain yang mendapat peran sebagai virus dapat mengontrol 2 pion virus. Virus dan dokter dapat berjalan 1 space, namun tidak boleh berada pada space yang sama. Virus menjadi pemain pertama dan dapat memilih virus mana yang jalan pertama. Space yang ditinggalkan oleh virus akan memunculkan 1 sick token di tempat yang sama. Kemudian dokter dapat berjalan dan melakukan 1 aksi, entah menyembuhkan 1 sick tile di sekitarnya ataupun vaksinasi 1 blank tile di sekitarnya. Tile yang divaksinasi akan menjadi immune tile. Setelah 1 giliran selesai, akan dibuka 1 kartu skenario. Di setiap turn-nya juga sick token pada sick tile akan selalu bertambah satu, dan jika jumlah sick token pada satu tile mencapai 3, maka tile tersebut akan menjadi dead tile. Permainan selesai saat semua pemain tidak dapat berjalan lagi, kemudian hitung dead area dan immune area. Yang memiliki lebih banyak area-lah yang menjadi pemenangnya.

Komponen Vaxx Challange:

- Token Good Doctor dan Bad Virus

Token Good DoctorToken Bad Virus

- Board

Board Vaxx Challange

- Tile Status

Tile Status

- Sick Token

Sick Token

 

- Kartu Skenario

 

Keunikan Vaxx Challange

Vaxx Challange bisa dimainkan hingga 6 pemain dan alur permainannya akan berbeda apabila dimainkan berdua saja ataupun berenam. Semakin ramai pemain, maka permainan dapat menjadi semakin rusuh.

 

Cerita  Menarik  selama Merancang Vaxx Challange

Pada tahap concepting, mereka berempat ini tidak pernah berhenti tertawa, karena selalu teringat akan konsep yang sangat konyol ini. Tim Vaxx Challange memparodikan Dr. Mahfoudz, dokter dalam berita hoax tersebut, menjadi Dr. Mahmud, yang dalam bahasa slang artinya ‘maMah Muda’. Mereka tak bisa menghentikan tawanya setiap kali mengingat nama Dr. Mahmud sambil melihat gambar Johny Sins.

Mereka  juga mengalami kesulitan di bagian balancing, banyak trial and error terjadi, sampai berkali-kali restart game agar gamenya balance di kedua sisi. Selain itu, peserta-peserta GGJ yang lain juga sempat bingung. Peserta lain sibuk membuat coding, sedangkan mereka malah asik dengan Photoshop untuk simulasi gameplay Vaxx Challannge.

 

Pesan Vaxx Challange

Dari Vaxx Challange ini, tim ingin menyampaikan pesan mengenai pentingnya vaksinasi dan Herd Immunity. Dengan melakukan vaksin, banyak nyawa orang akan terselamatkan.

 

Buat kalian yang penasaran seperti apa Vaxx Challange, kalian bisa lihat videonya di Youtube: Vaxx Challange dan Vaxx Challange part 2 

playday globalgamejam ggj bekasi vaxxchallange indonesia

PLAYDAY

Kamis, 1 Februari 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.