CREADU, Board Game Edukasi Kreatif yang Ramah Lingkungan!
BLOG RILIS CREADU, Board Game Edukasi Kreatif yang Ramah Lingkungan!

CREADU, Board Game Edukasi Kreatif yang Ramah Lingkungan!

Setiap penggemar board game tentu memiliki game favoritnya masing-masing yang begitu membekas, entah dari segi gameplay, art yang ditampilkan, maupun komponennya yang unik. Dan jika kalian tipe penggemar komponen unik dari sebuah board game, apa yang akan dibahas di bawah ini akan sangat tepat untuk kalian. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah game dengan komponen yang menarik, nih, yaitu CREADU, sebuah board game yang komponennya terbuat dari barang bekas. Yuk, langsung kita simak saja ulasan di bawah ini!

Pertama-tama, CREADU itu apa, sih? CREADU adalah nama brand yang digunakan untuk produk-produk dari PT Arunika Wiyata Mandiri. CREADU, yang merupakan singkatan dari CREAtive EDUcation, berupa media/mainan/sarana edukasi yang didesain untuk mengajak siapapun untuk suka dan cinta belajar. CREADU sendiri memiliki tagline #becauselearningshouldbefun #belajaritumain #mainitubelajar.  Kita semua tahu bahwa anak zaman now tumbuh di era digital dan akan sangat disayangkan jika mereka harus kehilangan pengalaman dan kesempatan belajar, bermain, beraktivitas bersama orang tua dan teman-temannya tanpa gawai. Oleh karena itu, saat ini, produk-produk CREADU juga mengedepankan #nongadgetfun dan sebanyak mungkin kesempatan berinteraksi antar pemain/pengguna. 

Produk Creadu

Sumber: Instagram: @Creadu

CREADU memiliki berbagai macam produk dimana setiap produk tersebut memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Pada ulasan kali ini, akan dibahas 3 produk sebagai ilustrasi:

1. CREADU Furoplay Matching Games/Kantong main CREADU Cari Pasangannya 

Komponen: 1 Kantong main dari sisa tekstil, 21 pasang tutup botol (hasil daur ulang: sudah dibersihkan dan disterilisasi), 21 pasang stiker (pilihan stiker: hewan darat, profesi, buah, sayur, alfabet). Khusus untuk set alfabet, terdiri dari 26 pasang tutup botol dan 26 pasang stiker.

Cara Main:

- Pasang stiker di bagian dalam tutup botol

- Telungkupkan semua tutup botol sehingga logo CREADU ada di atas

- Buka 2 tutup botol

- Jika sama ambil pasangan tersebut, jika tidak kembalikan ke posisi semula dan ingat-ingat letak gambar tersebut

- Buka 2 tutup botol selanjutnya (jika dimainkan lebih dari 1 orang, peserta bergiliran membuka 2 tutup botol)

- Teruskan sampai semua tutup botol berpasangan (jika dimainkan lebih dari 1 orang, pemenang adalah yang mendapatkan paling banyak pasangan tutup botol)

 

2. CREADU BusyBag / Kantong Main CREADU 3 aktivitas

Komponen: 3 aktivitas untuk memperkenalkan jam & angka, buah & sayur, dan ekspresi & anggota wajah. Mainan ini adalah karya difabel hasil kerjasama dengan teman-teman tuna rungu di Precious One The Silent Art. Komponen: kantong main hasil daur ulang spanduk bekas, 3 set aktivitas bahan flannel & kertas. Karena orientasinya untuk anak-anak usia dini, cara main sangat sederhana, hanya pengenalan gambar/bentuk dan susunan sederhana.

 

3. CREADU MoneyRun/Bulanan: Mainan papan untuk memperkenalkan konsep pengelolaan anggaran (mulai usia SD hingga dewasa). 

Komponen: kantong main hasil daur ulang spanduk bekas, "board game" dari bahan spanduk, uang CREADU, kartu Kejutan, kartu Tambahan, token tempat pemberhentian, 2 dadu, kancing sebagai penanda pemain

Cara Main:

- Bisa dimainkan 4 orang/anak di mana setiap pemain mendapatkan anggaran 4000 di awal permainan.

- Selama permainan, peserta perlu mendatangi tempat-tempat wajib (bayar air, listrik, cicilan, dsb). Peserta juga bisa memilih untuk mendatangi tempat-tempat rekreasi (mall, cafe).

- Seperti pada keseharian kita, pemain bisa menemui kejutan (hal tidak terduga) atau tambahan (sesuatu yang tidak direncanakan) dimana pemain perlu mengeluarkan uang atau mendapatkan/menghemat uang.

- Pemenang adalah yang bisa menabung paling banyak setelah berhasil mendapatkan token di semua tempat wajib (berhasil membayar semua yang harus dibayar). 

 

Ide dasar dari semua permainan CREADU adalah hal-hal yang perlu diajarkan kepada anak-anak, terutama kebutuhan sehari-hari yang mungkin tidak dipelajari di sekolah, seperti pengenalan pengelolaan uang. Di sisi lain, mainan-mainan CREADU juga dimaksudkan untuk membantu orang tua zaman now dengan menyediakan alternatif non-gadget yang mudah dibawa ke mana-mana dan bisa dimainkan sendiri atau bersama pemain lain. Produk CREADU dibuat dari bahan dan materi yang mudah ditemukan sehari-hari. Biarpun belum 100% menggunakan bahan daur ulang, semua pembeli bisa dengan mudah menambahkan/mengganti komponen-komponen produk CREADU untuk menginspirasi kreativitas. Salah satu hal terpenting yang juga selalu ingin dikedepankan oleh designer CREADU adalah pentingnya interaksi saat bermain: antar pemain, antar anak, antar anak dan orang tua, antar anak dan guru, dan sebagainya. Televisi dan gawai memberikan kesempatan sangat luar biasa untuk interaksi satu arah, tetapi sangat tidak memfasilitasi interaksi dua arah. Sangat disayangkan jika anak-anak kehilangan waktu dan kesempatan bermain dan belajar interaktif karena hanya kenal mainan digital.

Sejak awal, CREADU berkomitmen untuk bekerjasama dengan sebanyak mungkin komunitas/yayasan/pihak yang bergerak di bidang sosial. Oleh karena itu, semua produk CREADU tidak diproduksi di pabrik. CREADU bekerjasama dengan teman-teman tuna rungu di Precious ONE untuk produksi busybag, Yayasan Kumala (yayasan anak jalanan yang memproduksi kertas daur ulang), Bank Sampah Nusantara LPBI NU, ONE Indonesia (portal pendidikan), dan sebagainya. Sebagian penempelan stiker juga dilakukan oleh anak dengan sindrom Down melalui Precious One. Selain itu, CREADU berusaha memberikan kesempatan kepada siapapun di lingkungan sekitar untuk produktif mengelola sampah.

Pihak CREADU sendiri ternyata memiliki alasan yang kuat mengapa memilih barang bekas sebagai komponen permainan. Pada umumnya, jika bicara tentang masa depan, tentunya tidak bisa melupakan masa depan bumi dan Indonesia. Siapapun pastinya ingin mewariskan yang terbaik untuk generasi yang akan datang, termasuk anak cucu kita sendiri. Masalah sampah adalah masalah besar Indonesia dan dunia saat ini yang dari tahun ke tahun akan menjadi semakin penting. CREADU berusaha sebanyak mungkin memanfaatkan sampah/barang bekas untuk menginspirasi kita semua untuk lebih peduli terhadap bumi dan isinya. CREADU ingin menunjukkan bahwa produk daur ulang bukan berarti produk dengan kualitas lebih rendah atau harga lebih murah.

Board Game Creadu

Sumber: Instagram: @Creadu

Semua produk CREADU dimulai dari ide dan gagasan yang seringkali belum pernah dieksekusi, terutama karena selalu mau membuat sesuatu yang baru. Tentunya tidak mudah mencari bahan, materi, desainer, vendor, dan sebagainya, untuk mewujudkan semua ide tersebut dengan harga jual yang terjangkau. Semua produk CREADU adalah produk #asliIndonesia biarpun dipasarkan dalam 2 bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia.

Nah, bagi kalian yang bertanya-tanya dan penasaran dimana produk-produk ini bisa dibeli, jangan khawatir karena produk CREADU sudah, sedang, dan akan dipasarkan. Saat ini pemasaran via sosial media (Facebook: Creadu, Twitter: @creaduarunika, Instagram: @creadu), bazaar sekolah/event di Jakarta dan Surabaya, group WhatsApp, seminar parenting, dan via kerjasama dengan partner korporasi.

boardgame cardgame playday creadu indonesia

PLAYDAY

Selasa, 23 Januari 2018

Bagikan berita ini:

Komentar Blog

Belum ada Komentar di Blog ini, jadilah yang pertama memberikan Komentar.