Lewis & Clark

1-5 Orang
Jumlah pemain
120 Menit
Durasi bermain
14+ Tahun
Usia pemain
4.50 / 5
Rating total
On November 30, 1803, the United States purchased Louisiana from Napoleon. U.S. President Thomas Jefferson decided to send two explorers – Meriwether Lewis and William Clark – to discover this huge terra incognita.

Lewis & Clark is a board game in which the players manage an expedition intended to cross the North American continent. Their goal is to be the first to reach the Pacific. Each one has his own Corps of Discovery that will be completed by the Native Americans and the trappers met during the journey. He has to cleverly manage his characters and also the resources he finds along the way. Beware, sometimes frugality is better than abundance.

Lewis & Clark features dual use cards. To be activated, one card must be combined with another one, which becomes unavailable for a while. Thus, players are faced with a constant dilemma: play a card or sacrifice it. During the game, each player acquires character cards that enlarge his hand, building a crew that gives him more options but it needs to be optimized as he will recycle his cards more slowly. This new "handbuilding" mechanism fits strongly with the historical background.

Since the aim of the game is to be the first on the Pacific coast, the timing and the opportunistic use of the other players' positions are crucial.


Source: https://www.boardgamegeek.com/
Klasifikasi
  • Tipe
    Strategy
  • Kategori
    American West
    Racing
  • Mekanisme
    Card Drafting
    Deck / Pool Building
    Hand Management
    Point to Point Movement
    Worker Placement
  • Family
    Historical Figures: Lewis & Clark
    Lewis & Clark
    Native American
    Solitaire Games
    Tableau Building
Angrod Vardamir
16 Maret 2018 16:09:19
5
5
4
Biasanya saya tidak suka permainan balapan / racing karena segala sesuatunya bermuara pada siapapun yang sampai ke garis akhir, permainan akan sekejap selesai dan pemain lain tidak akan meneruskan giliran untuk tiba di garis akhir. Hal ini cukup anti-klimaks dan meninggalkan perasaan tidak enak pada pemain lain yang tidak selesai.

Akan tetapi permainan ini pengecualian. Dalam Lewis and Clark, pemain akan memimpin sebuah grup ekspedisi untuk mengarungi sungai di pedalaman liar Amerika ketika Presiden Amerika membeli sebidang tanah luas dari pihak Perancis.

Tujuan dari ekspedisi ini adalah mencatat semua hal dalam rekaman apa yang ditemui di area tersebut, mulai dari jenis flora dan fauna, lokasi geografis, suku pribumi dan lainnya. Pemain akan memiliki kartu yang merupakan awak / anggota ekspedisi yang memiliki fungsinya masing-masing akan tetapi pemain dapat menambah jumlah kru / kartu yang mereka miliki seiring permainan berjalan.

Untuk memainkan kartu dari tangan pemain membutuhkan satu hal, yaitu tenaga kerja yang digambarkan dengan simbol Indian. Indian ini dapat dihasilkan dari kartu lainnya atau meeple indian yang didapatkan dari beberapa suku sepanjang perjalanan. Ketika dimainkan, kartu tersebut akan diletakkan di meja. Selama di atas meja, kartu tersebut dapat memberikan keuntungan bagi pemilik dan pemain lainnya tergantung dari simbol resource yang terdapat pada kartu.

Pemain perlu melalui medan sungai dan gunung, yang dapat dilalui dengan menggunakan kano atau kuda. Untuk mendapatkan kuda dan kano mereka harus mengubah sejumlah resource tertentu menjadi kano atau kuda. Konversi ini dapat menjadi lebih efisien dengan mengambil kartu baru yang memberikan efek tersebut.

Pada dasarnya pemain harus mencari kartu baru untuk membentuk engine yang se-efisien mungkin. Permainan ini menurut saya sangat sulit, dan salah satu alasan kenapa permainan racing ini bagus adalah karena ketika permainan selesai, pemain yang menang akan sangat puas sekali dan pemain yang tidak menang puas karena walaupun tidak menang, mereka masih berasa memainkan atau membangun sesuatu yang berarti.